Resmi Dilaunching, GUA Tahura Jadi Destinasi Wisata Edukasi dan Ekowisata Baru di Sinjai Borong


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai A. Halilintar Badong mewakili Bupati Sinjai, resmi melaunching Galeri Usaha (GUA) Taman Hutan Rakyat (Tahura) yang bertempat di Kawasan Tahura Abdul Latief Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Sinjai. Rabu 2 Agustus 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai Arifuddin, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup, sekaligus sebagai sumber pendapatan masyarakat sekitar serta memperkuat komitmen Pemerintah Daerah guna terwujudnya taman hutan raya Abdul Latief Sinjai menjadi destinasi wisata edukasi dan ekowisata.

Sementara itu, Bupati Sinjai yang diwakili oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai A. Halilintar Badong yang membacakan Sambutan Bupati mengatakan, sangat mengapresiasi inovasi GUA Tahura dari DLHK Sinjai karena menurutnya GUA Tahura dapat menunjang program pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan daerah penyangga serta pengelolaan Tahura sebagai pusat konservasi Anoa, media edukasi dan ekowisata bersama masyarakat.

"Dengan adanya inovasi GUA Tahura dapat merangsang masyarakat di sekitar kawasan dan menjadikannya sebagai mata pencaharian tambahan selain bertani," kata Halilintar.

Lebih lanjut Halilintar mengatakan dengan adanya GUA Tahura ini diharapkan dapat mencegah perambatan hutan oleh masyarakat sehingga tidak merusak keberadaan Tahura dan tetap menjaga kelestarian flora dan fauna dalam kawasan serta dapat dijadikan sebagai wahana pendidikan, penelitian pengembangan ilmu pengetahuan dan pelestarian plasma nutfa.

"Melalui acara ini saya meminta dinas terkait untuk memberikan dukungan, melakukan pengawalan dan pengawasan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang menunjang berkelanjutan," kuncinya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut staf ahli Bupati, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Sinjai Borong, Kepala Desa Batu Belerang, serta ketua kelompok usaha se-Kecamatan Sinjai Borong.


BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.