Bersinergi Tingkatkan Mutu dan Kualitas Padi, Pemda Soppeng dan BPP Padi Turun ke Sawah


BUGISWARTA.com, Bone -- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Soppeng turun ke sawah bersama masyarakat dan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi melakukan panen dan uji multi lokasi galur-galur harapan padi, memastikan potensi hasil padi di Dusun Kacimpang Desa Watu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Rabu 16 Agustus 2017.

Balai Besar Penelitian (BBP) Dr. Sahardi Mulia mengatakan kegiatan ini dilakukan di sepuluh provinsi di Indonesia untuk memastikan penghasilan padi yang bermutu dan potensinya baik termasuk di Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Gowa yang mewakili Sulawesi Selatan. 


"Kami mengimbau kepada masyarakat ada 8 jenis varietas padi yang perlu dikembangkan di Soppeng dengan 4 jenis varietas padi yang nantinya akan di terapkan di 8 kecamatan," paparnya.


Sementara Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak mengatakan kegiatan ini untuk mengembangkan kualitas dan potensi padi di daerah kita, dapat meningkatkan hasil padi yang ada di daerah Soppeng. 

"Mari kita terus menjaga hasil kualitas padi agar dapat menjadi suatu percontohan di luar daerah, termasuk kemarin benih jagung kami kirim ke Provinsi Gorontalo," ungkap Kaswadi Razak.

Lanjut Kaswadi, Mudah-mudahan dengan menerapkan 8 varietas dapat menghasilkan kualitas padi dan beras tinggi, sehingga nantinya kita tidak menjuala Beras dan Gabah lagi, tapi kita akan menjual benih padinya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Soppeng, Kajari Soppeng, Ketua Pengadilan Soppeng, Kepala Dinas Pertanian, Camat Liliriaja, Kepala Desa Timusu, para penyuluh pertanian dan para Kelompok Tani se-Desa Timusu.


MANSUR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.