TMMD 99 Hadir Membangun Karakter


BUGISWARTA.com, Soppeng -- Jiwa Gotong Royong rakyat Indonesia saat ini mulai hilang dalam perkembangan global, namun tekad TNI tetap teguh mempelopori hal tersebut dengan membangun kedekatan dengan rakyat melalui kegiatan tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang bertujuan memotivasi masyarakat untuk bisa memunculkan kembali jiwa gorong–gorong masyarakat.

Dengan semangat dan tekad yang kuat TNI khususnya Komando Distrik Militer 1423 Soppeng bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Soppeng melalui kegiatan TMMD ke 99 di Kabupaten Soppeng hadir membangunkan kembali kebersamaan masyarakat melalui kegiatan jiwa gotong-royong, sehingga apa yang dicita-citakan ataupun kegiatannya yang dilaksanakan dapat dirasakan oleh masyarakat banyak terkhusus dapat dirasakan oleh anak cucu kelak, Senin (10 Juli 2017)

Informasi yang diperoleh di lokasi TMMD ke 99 berbincang dengan Wadansatgas TMMD Kabupaten Soppeng Mayor Inf. Timin Budiyanto menjelaskan tujuan utama pelaksanaan ini adalah membangun kembali karakter jiwa gotong royang antara masyarakat dengan TNI dan menjalin kedekatan langsung antara rakyat dan TNI.

"Pelaksanaan kegiatan ini kami laksanakan kerjasama antara TNI, Polri, Pemda Soppeng serta komponen masyarakat Soppeng, karena dengan bekerjasama seberat apapun pekerjaan akan terasa ringan apabila kita kerjakan dengan ikhlas. Untuk diketahui seluruh kegiatan TMMD di Kabupaten Soppeng berlokasi di daerah perbukitan dengan jarak tempuh sekitar 20-30 kilometer dari pusat kota Soppeng dengan medan yang cukup sulit," ujarnya sambil bergurau.

Dalam kesempatan tersebut Wadansatgas juga menjelaskan tentang kegiatan TMMD ke 99 di Kabupaten Soppeng, yang meliputi kegiatan Fisik dan Non Fisik yang diantaranya :

1. Perintisan jalan penghubung antara dua kelurahan di Kecamatan Lalabata Kab. Soppeng (Kel. Botto - Kel. Bila) sepanjang 6.280 meter yang letaknya di daerah perbukitan Bulu Sewo (gunung sewo) dan pemasangan gorong-gorong sebanyak 16 titik.

2. Renovasi dan pembangunan teras, tempat wudhu Mesjid Jabal Rahma di Kampung Bicuing Kel. Botto.

3. Renovasi Gereja Toraja di Kampung Pabbulangnge Kel. Lalabatarilau 

Kegiatan Non Fisik,
a)  Penyuluhan  Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.
b)  Pelayanan KB Kes.
c)  Penyuluhan Konflik Sosial.
d)  Penyuluhan Bahaya Radikalisme, Terorisme dan Balatkom.
e)  Penyuluhan Pertanian dan Peternakan.
f)  Penyuluhan Buta Aksara.
g)  Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas.
h)  Penyuluhan Bahaya Narkoba.
i)  Bakti Sosial (pengobatan gratis, donor darah dan khitanan massal).
j)  Pembagian Sembako Gratis

USMAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.