Permudah Layanan Kesehatan, Telemedicine Diaplikasikan di Lima Puskesmas di Sinjai


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Dr. Andi Suryanto Asapa menghadiri kegiatan pertemuan evaluasi Telemedicine yang digelar di Hotel Puri Denpasar Jalan Kuningan, Jakarta Selatan. Kamis 13 Juli 2017.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Staf Kementerian Kesehatan RI dan beberapa perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kota se-Indonesia.

Pada pertemuan tersebut Kadis Kesehatan Kabupaten Sinjai yang akrab juga disapa Dr. Dedeth ini diberi kesempatan untuk memaparkan program terkait pemanfaatan telemedicine yaitu pendiagnosaan pasien dari jarak jauh dengan menggunakan metode teleconference dengan melibatkan dokter umum yang ada di Puskesmas ke dokter spesialistik dilokus yang telah ditunjuk sebagai pengampu oleh Kementerian Kesehatan.

Di Sinjai sendiri sudah berjalan di lima Puskesmas, dimana sebelumnya Dinas Kesehatan Sinjai menjadi pilot project pertama yang telah dipercaya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

''Masyarakat tidak harus lagi ke rumah sakit, kecuali memang ada indikasi rujukan yang artinya memudahkan masyarakat dan tidak perlu membuang waktu dan biaya untuk pergi ke Rumah Sakit,'' ujar Dr. Dedeth yang dihubungi melalui via selulernya.

Sementara itu Staf Yanprimer sekaligus Humas Dinkes Sinjai Syamsul Ahmad yang ditemui media membenarkan hal itu bahwa saat ini Pak Kadis Kesehatan sedang berada di Jakarta dan didampingi oleh SDM tiga orang dokter umum dari perwakilan Puskesmas. 

''Dengan adanya Telemedicine khususnya di lima Puskesmas di Sinjai tentulah akan sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,'' beber Syamsul.

BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.