Maksimalkan Peran BPD, FPM Soppeng Berikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas


BUGISWARTA.com, Soppeng -- Forum Pemerhati Masyarakat Soppeng (FPMS) memberikan pelatihan peningkatan kapasitas dan kesejahteraan Badan Permusyaratan Desa (BPD) se-kabupaten Soppeng di Baruga Rumah Jabatan Bupati. Minggu 16 Juli 2017.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari Sabtu 15 Juli 2017 lalu sampai Minggu 16 Juli 2017 kemarin. Seluruh anggota BPD diutus tiga orang dari setiap desa untuk mengikuti kegiatan ini. 

Ketua Panitia Pelakasana, Ardiansah mengatakan bahwa pelatihan ini dilakukan selama dua hari dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada anggota BPD agar dalam menjalankan perannya sebagai BPD di desa dapat maksimal. 

"Bagaimana peran aktif yang harus dilakukan anggota BPD di setiap desa. Dari itu kami memberikan pelatihan peningkatan kapasitas sebagai BPD," Ungkap Ardi.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota BPD dalam melakukan pengawasan Anggaran Dana Desa dan Dana Anggaran Desa serta mampu memahami tata cara pelaksanaan musyawarah desa seperti penguatan hak dan kewajiban BPD.

"Materi yang kami berikan sebanyak lima materi selama dua hari untuk pelatihan peningkatan kapasitas BPD dalam kesejahteraan desa dalam membangun desa yang lebih maju," tambahnya.

Materi yang akan diberikan diantaranya pemaparan mengenai visi misi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, peran strategis BPD dalam pembangunan desa, manajemen pemerintahan dan kelembagaan desa, dan nilai-nilai kearifan lokal dalam menjalankan tugas dan fungsi BPD.

Pemateri atau narasumber yakni berasal dari Dinas PMD Kabupaten Soppeng, P3MD Kabupaten Soppeng, Konsultan Politik dan Pemberdayaan Masyarakat serta dari Pemerintah Daerah.

MANSUR/MULIANA AMRI

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.