Deklarasi Desa ODF di Kecamatan Buki Disambut Kerja Bakti Massal Masyarakat


BUGISWARTA.com, Selayar -- Deklrasi ODF (Open Defecation Free) yang dirangkaikan dengan pencanangangan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) disambut suka cita oleh masyarakat kampung Tenro, Desa Bontolempangang, Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Berbagai bentuk persiapan digelar masyarakat bersama aparat Pemerintah Desa Bontolempangang mulai dari Rapat koordinasi antara pemerintah kecamatan, penataan lokasi kegiatan yang dipusatkan di Lapangan “Passamaturukang” Desa Bontolempangang sampai kepada penyelengggaraan kerja bakti massal yang dilaksanakan secara serentak mulai dati pusat ibukota kecamatan Buki, kawasan Sumingi, kampung Mardekaya, hingga Dusun Borong-Borong, Desa Mekar Indah.

Tujuh ratus buah kursi dipersiapkan lokal selaku tuan rumah untuk menyambut kehadiran tamu undangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi-Selatan yang akan bertindak selaku deklarator kegiatan.

Kepala Desa Bontolempangang, Jamaluddin Tasbih menyebutkan, detik-detik deklarasi ODF (Open Defecation Free) yang  dirangkaikan dengan pencanangan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) akan dihadiri oleh jajaran pemerintah kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Forkopimda, Camat, dan Kepala Desa se Kabupaten Kepulauan Selayar.

Gerakan kerja bakti massal dalam rangka penyelenggaraan deklarasi ODF (Open Defecation Free) ikut dilaksanakan oleh segenap jajaran tim personil kesehatan Puskesmas Buki, di Desa Baruia, Kecamatan Buki.

Senada dengan ungkapan Kepala Desa Bontolempangang, Camat Buki, Ince Rahman menjelaskan, "untuk menghindari terjadinya kekeliruan dalam pengaturan lokasi dan tempat duduk, Pemerintah Kecamatan Buki bersama panitia lokal akan ikut menggandeng serta melibatkan Bagian Humas dan Protokol Setda yang akan berperan menentukan penataan tempat dan lokasi pembangunan tenda," ujarnya.

Kegiatan penataan dan kerja bakti massal turut diaminkan Camat Buki, Ince Rahman. Penyelenggaraan kerja bakti massal dimotori oleh segenap jajaran pemerintahan kecamatan buki, dibantu masyarakat dan pemdes di wilayah itu dengan mengfokuskan kegiatan di jalur utama yang akan dilalui oleh rombongan mulai dari Bandar Udara H. Aroeppala Padang, hingga ke ibukota Desa Bontolempangang,

Kerja bakti massal akan difokuskan pada upaya pembersihan sampah, tumpukan kelapa rusak di pinggir jalan sampai eksekusi penertiban ternak liar tak bertuan yang ditemui bergentayangan di jalan raya.

Pemerintah kecamatan buki akan menggandeng Dinas Kebersihan bersama aparat satuan polisi pamong praja untuk menertibkan ternak liar tak bertuan yang ditemukan berkeliaran dijalan raya.   

Deklarasi ODF (Open Defecation Free) ini kata Ince Rahman merupakan langkah awal Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel bersama tim Dinas Kesehatan kabupaten untuk mendukung terwujudunya budaya hidup sehat di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Untuk tahapan berikutnya, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel telah menunjuk dan menetapkan tiga wilayah desa lain di Kecamatan Buki sebagai lokasi Deklarasi ODF lanjutan. Ketiga desa tersebut masing-masing Desa Kohala, Mekar Indah, dan beberapa agenda acara akan mengisi rangkaian kegiatan deklarasi ODF yang akan digelar secara terpusat di Desa Bontolempangang.

Adapun agenda acara tersebut yakni, sambutan penerimaan Camat Buki, Deklarasi ODF oleh tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, pembacaan fakta integritas ODF, dan sambutan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar.

Camat Buki, Ince Rahman menyebutkan, rombongan dan tamu undangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel akan disambut oleh pagelaran tradisi pamanca’ dan pengalungan bunga, sebelum kemudian diarahkan menuju tribun lapangan “Passamaturukang” Desa Bontolempangang untuk bergabung dengan tamu-tamu kehormatan lainnya, termasuk bupati dan jajaran Forkopimda kabupaten.

FADLY SYARIF/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.