Akreditasi Puskesmas, A. Suryanto : Tidak Cukup Hanya Lulus, Pelayanan Bermutu dan Berkualitas Jauh Lebih Penting


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Selama tiga hari ini Puskesmas Samaenre jalani penilaian akreditasi, mulai dari tanggal 26 sampai 29 Juli 2017.

Penilaian akreditasi ini juga berlangsung di Puskesmas Panaikang. Kedua Puskesmas ini menyatakan bahwa mereka siap menjalani penilaian ini. 

Sebagaimana diutarakan oleh Kepala Puskesmas Samaenre dr. A. Wahyu Adeliah Dachlan, bahwa meskipun kami merasa masih banyak kekurangan, namun tidak mengurungkan niat kami untuk melaksanakan akreditasi.

Dalam kesempatan ini tim surveyor Puskesmas Samaenre yang terdiri dari 3 orang yakni dr. Nurnaini Irias Tuti, M.Kes, dr. Lita Tarumasely dan dr. Bagus Sukaswara berkesempatan memperkenalkan diri dan menyatakan maksud serta tujuannya datang menilai di Puskesmas ini.

Dalam paparannya yang diwakili oleh dr. Lita Tarumasely sebagai ketua tim, tujuannya datang ke Puskesmas Samaenre adalah untuk menilai kesesuaian penyelenggaraan Administrasi Manajemen (Admen), penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan juga Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) di Puskesmas dengan persyaratan yang ada pada standar akreditasi, menilai sejauh mana Puskesmas mampu menyelenggarakan pelayanan yang sesuai dengan persyaratan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan juga menilai upaya perbaikan berkesinambungan yang dilakukan oleh Puskesmas dalam penyelenggaraan pelayanan.

Dalam kesempatan ini pula Kepala Dinas Kesehatan dr. A. Suryanto Asapa mengutarakan harapannya bahwa penilaan ini tujuannya adalah harus meningkatkan pelayanan. 

"Tidak cukup kalau hanya lulus namun bagaimana kedepannya kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih bermutu dan berkualitas," tegasnya. 

Adapun yang sudah terakreditasi sudah empat Puskesmas, dua Puskesmas menunggu hasil. Sebagaimana targetnya tahun ini sebanyak 10 Puskesmas yang terakreditasi dan tahun 2018 sebanyak enam Puskesmas, sehingga tahun 2018 semua Puskesmas di Sinjai sudah terakreditasi.

BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.