AIPDA Hasan Zulkarnain Relasi Petani Selayar dari Institusi Polri


BUGISWARTA.com, Selayar -- Hasan Zulkarnain merupakan salah satu dari sekian banyak sosok polisi di Mako Polres Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan  yang dikenal  supel dan telah banyak mengharumkan citra institusi Polri terutama dari keberhasilan dirinya dalam melakukan proses pembinaan kemasyarakatan melalui inovasi kebun kamtibmas yang dimulai dari Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontomanai.

Kini, inovasi yang sama kembali diterapkan oleh AIPDA Hasan Zulkarnain dalam penugasan barunya sebagai Babinkamtibmas Kelurahan Putabangun, Kecamatan Bontoharu. Berangkat dari modal satu hektar lahan tidur, AIPDA Hasan kembali menginisiasi lahirnya kebun kamtibmas yang belum lama ini terbukti mampu menekan harga cabe di pasaran lokal Kepulauan Selayar, khususnya di kompleks Pasar Sentral Regional Bonea.

Selain berhasil mengembangkan kebun kamtibmas, Hasan Zulkarnain juga berhasil mempelopori terbentuknya kelompok wanita tani bunga seroja Kelurahan Putabangun yang beberapa hari lalu berhasil melakukan panen tanaman kangkung melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Langkah pembiinaan ini diawalinya dari giat pembangunan rumah tahanan hewan dan penertiban ternak liar di Kelurahan Putabangun yang disusul dengan pembentukan tim penaksir hewan. Ternak liar.

Dalam kesempatan berbincang dengan wartawan pada hari Kamis, (27/07) malam, AIPDA Hasan Zulkarnain menuturkan, giat pembinaan pemanfaatan lahan pekarangan rumah merupakan bagian tak terpisahkan dari program pengembangan dan pembinaan oleh Babinkamtibmas dengan melibatkan ibu-ibu rumah tangga untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai area penanaman sayur-mayur berupa sawi, kangkung, kacang panjang dan berbagai jenis tanaman sayur-mayur lalinnya.

Pemanfaatan pekarangan rumah sebagai lahan bercocok tanam merupakan kelanjutan pengembangan kebun kamtibmas yang berlokasi di lingkungan Tabang, Kelurahan Putabangun, Kecamatan Bontoharu.

Kesuksesan pengembangan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai lahan bercocok tanam sayur-masyur diakui Hasan Zulkarnain tak terlepas dari sinergitas kerjasama tim PPL dalam melakukan pembinaan poktan yang dimotori oleh kelompok wanita tani bunga seroja lingkungan Tabang Baru.

Kedepan, tim PPL pertanian diharapkan dapat lebih giat dalam melakukan upaya pembinaan poktan di masing-masing wilayah desa dan kelurahan tempat mereka ditugaskan, terang mantan Babinkamtibmas Desa Bontomarannu itu. 


FADLY SYARIF/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.