Tak Layak Huni, Rumah Penyandang Tuna Netra Luput dari Pemkab Sinjai -->
Cari Berita

Tak Layak Huni, Rumah Penyandang Tuna Netra Luput dari Pemkab Sinjai

Rumah Herianto Penyandang Tuna Netra, tak Mendapat Perhatian Pemerintah Sinjai

BUGISWARTA.com, Sinjai---Harianto (49) Warga Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Balangnipa Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, terpaksa hidup Bertahun-tahun menempati rumah panggung yang nyaris roboh dengan dinding yang sudah berlubang-lubang serta atapnya dari rumbia sudah hancur dan ambruk karena dimakan usia.

Parahnya lagi dirinya yang menyandang kebutaan sejak 10 tahun silam hanya tinggal sendiri, istrinya H.R meninggalkan dirinya sejak 2008 silam, Harianto memiliki 5 orang anak dan kini terpaksa memakai tongkat jika ingin berjalan ke Mesjid untuk berjamaah yang tak jauh dari rumahnya.

Bila hujan turun, tak pelak airpun masuk kedalam rumah lewat lubang atap dan dinding rumah. apalagi kolom rumahnya yang dipenuhi air, dirinya kini hanya membutuhkan bantuan pemerintah Sinjai.

"Jika hujan kami pun kebingungan mau tidur dimana karena seluruh rumah basah dan selalu dibayang-bayangi ketakutan jika sewaktu-waktu rumahnya roboh, saat ini saya terpaksa tinggal dirumah keluarga karna takut jika hujan deras dengan kondisi rumah seperti ini, " Katanya.


Rusaknya rumah tersebut menurut Harianto sudah berlangsung bertahun-tahun. Dia tidak mampu memperbaiki rumahnya. Jangankan untuk memperbaiki rumah untuk kebutuhan sehari-haripun sulit memenuhinya , Maklum saja kondisi kebutaan yang dia alami membuat dirinya dapat mengandalkan keluarga besarnya untuk kebutuhan makan sehari-hari.

" Pernah dapat Raskin beberapa tahun lalu namun tiba-tiba dihentikan tidak tau kenapa, saya hanya pasrah saja Allah melihat hambanya, " Terangnya.

Dia mengatakan, rumahnya sudah beberapa kali diajukan pemerintah setenpat untuk diperbaiki lewat program rumah tidak layak huni. Namun perbaikan tak kunjung dilakukan.

" Beberapa kali sudah mengharapkan bantuan perbaikan rumah dengan menyampaikan kepada pemerintah disini namun tidak pernah digubris, kasihan juga melihat rumah seperti ini namu mau diapa saya tak punya apa-apa, " Ulasnya.

Dia pun berharap pemerintah Sinjai bisa memberikan bantuan perbaikan rumah seperti yang dilakukan terhadap rumah warga miskin lainnya yang kondisinya rusak. Bila tidak segera diperbaiki dikhawatirkan rumahnya sewaktu-waktu roboh terlebih saat ini musim hujan.

Sementara Kepala Kelurahan Balangnipa Azhar yang dicoba beberapa kali dikonfirmasi terkait Warganya lewat sambungan telepon selular enggan mengangkat HPnya kendati dalam kondisi aktif.

IZHAR/SYAHRUDDIN