Empat Kabupaten Dari Jawa Pelajari Pengendalian Inflasi di Bone



 
Wakil Bupati Bone H. Ambo Dalle

BUGISWARTA.com, Bone --Pemerintah Kabupaten Bone menerima tim pengendali inflasi daerah dari empat Kabupaten  di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Purwakarta, Cilacap, Banyumas dan Purbalingga. Kamis, 18 Mei 2017

Kedatangan tim pengendali inflasi dari Jawa Tengah itu untuk belajar bagaimana mengendalikan laju inflasi. Bone dianggap salah satu daerah yang mampu mengendalikan inflasi kedatangan mereka langsung diterima Wakil Bupati Bone bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Bone. 

Wakil Bupati Bone Ambo Dalle mengatakan ada beberapa faktor yang dapat mengendalikan inflasi disuatu daerah, diantaranya terpenuhinya komoditas kebutuhan pokok

Kepada tim pengendali inflasi dari empat kabupaten di Jawa Tengah itu, Ambo menjelaskan, produksi beras di Bone tahun 2017 beras sudah menembus lebih 1 juta ton dari target SulSel 3 juta ton dari 24 kabupaten/Kota yg artinya 1/3 sudah target Sulsel dipenuhi Bone

Selain beras, kata Ambo, komoditas rempah-rempah seperti cabe, bawang merah yang juga sudah bisa di produksi sendiri bahkan menjadi tanaman pekarangan masyarakat.

"Sektor Perikanan Ikan bandeng juga membuat inflasi relatif stabil dan sangat  rendah," Ambo menjelaskan.

Menurut Ambo, pengendalian inflasi juga dapat dilakukan dengan menggelar pasar murah, seperti menjelang bulan puasa, lebaran dan Tahun Baru. 

"Pada waktu tertentu tim pengendali inflasi daerah bekerjasama dengan TNI, Polri, Forum Distributor rutin melakukan pasar murah," ujar Ambo.


ANDI IDA FARIDA/MULIANA AMRI

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.