Sosialisasi Wajib Bunting Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai Diharap Diketahui Masyarakat Luas -->
Cari Berita

Sosialisasi Wajib Bunting Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai Diharap Diketahui Masyarakat Luas


BUGISWARTA.com, Sinjai---Dinas peternakan dan kesehatan hewan mengelar Sosialisasi Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) bertempat di Gedung pertemuan Hotel Rofina, Jalan Jenderal Sudirman. Selasa, (18/4/2017).

Acara sosialisasi ini dihadiri langsung oleh perwakilan dari BIB Singosari, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, Kepala Desa, para petugas inseminator, petugas peternakan kecamatan, para ketua kelompok tani Se-kabupaten sinjai.   

Kepala UPTD IB provinsi Sulsel DR.Ir.Abdul Muas,M.Si menyampaikan sosialisasi UPSUS SIWAB dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri dan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada daging sapi serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai Drh.Aminuddin Zainuddin,MM menyampaikan kegiatan sosialisasi upsus siwab ini dilaksanakan dengan menggunakan anggaran dari Dinas peternakan dan kesehatan hewan Provinsi Sulawesi Selatan, dan sosialisasi hari ini kami mengundang perwakilan setiap kecamatan terdiri dari Kepala desa, Tokoh masyarakat, Ketua kelompok tani, dan Peternak yang bertujuan supaya informasi tentang siwab ini bisa dapat secara maksimal diketahui masyarakat sinjai secara luas. sementara itu Pada tahun 2017 Kabupaten Sinjai mendapatkan target akseptor sebanyak 24.460 ekor ternak sapi, sedangkan target Bunting sebanyak 16.000 ekor. 

"Dinas peternakan dan kesehatan hewan menyiapkan Petugas yang akan memberikan pelayanan seperti Insiminasi Buatan (IB), pelayanan kesehatan apabila ternak mengalami gangguan reproduksi dan pemberian suntikan perangsang bagi ternak yang tidak mau birahi. Semua pelayanan dalam kegiatan UPSUS SIWAB tahun 2017 dibiayai oleh Pemerintah Pusat, sehingga peternak tidak dipungut biaya lagi atau diberikan secara gratis", kata Aminuddin Zainuddin.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kegiatan UPSUS SIWAB dapat dikenal oleh petugas maupun masyarakat umum, sehingga program dapat berjalan dengan baik dan tujuan dapat tercapai, kuncinya.

IZHAR/MULIANA AMRI