Seminar Kabupaten Sehat, Supardi : Pemerintah Jangan Fokus Pada Kuratif Saja

Mahasiswa KKL Gelar Seminar Kabupaten Sehat Bekerjasama Forum Kabupaten Kota Sehat di Tellulimpoe
BUGISWARTA.com, Sinjai -- Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Ilmu Pemerintahan (STISIP) Muhammadiyah Sinjai  melaksanakan kegiatan seminar kabupaten sehat di Kecamatan Tellulimpoe. Kegiatan ini bertempat di aula kantor Kecamatan Tellumlimpoe pada hari Kamis 13 April, 2017.

Dalam seminar kabupaten sehat ini dihadiri oleh kepala Puskesmas Mannanti H. Baharruddin, SKM., MM, mewakili camat tellulimpoe Alimuddin, S.Sos, narasumber seminar kabupaten sehat Supardi, pegawai Dinas Kesehatan Sinjai, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, kepala desa, ketua BPD, penggerak PKK, mahasiswa KKL UIN Alauddin Makassar dan mahasiswa KKLSTISIPM Sinjai se-Kecamatan Tellulimpoe. Sementara itu, Kartini Ottong sebagai ketua Forum Kabupaten Kota Sehat tidak sempat hadir. 

Narasumber Seminar Kabupaten Sehat, Supardi mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah dalam menetapkan rencana program di bidang kesehatan hanya untuk pengobatan dan ini sebenarnya keliru karena seharusnya pemerintah pusat atau daerah merencanakan program di bidang kesehatan dengan pencegahan, sebagaimana pepatah mengatakan "lebih baik mencegah dari pada mengobati".

Adapun dalam sambutan Kepala Puskesmas, Mannati H.Baharuddin, SKM., MM mengatakan, "Saya sangat mengapresiasi mahasiswa KKL STISIPM Sinjai  karena telah melakukan bakti sosial di daerah Tellulimpoe dalam hal ini pasar yang ada di Tellulimpoe.

Ia melanjutkan penuturannya dengan nada penuh tanggung jawab seraya mengatakan, "Saya akan membantu seluruh elemen masyarakat jika ingin melaksankan baksos terutama dalam hal anggaran karena bersih itu sehat dan kebersihan sebagian dari iman".

Sementara Alimuddin, S.Sos yang mewakili camat Tellulimpoe menyampaikan hal yang senada dengan kepala Puskesmas (Mannnati H.Baharuddin, SKM., MM) beliau juga mengapresiasi program kerja dan keberadaan mahasiswa KKL STISIPM Sinjai karena rajin melakukan bakti sosial di Kecamatan Tellulimpoe dan dinilai memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi masyarakat.
"Betul-betul memberikan efek positif bagi masyarakat Tellulimpoe", kata Alimuddin memuji.

Kordinator Kecamatan Tellulimpoe, Irsan Irwasyah mengatakan saya sangat berterima kasih kepada pemerintah Kecamatan Tellulimpoe, seluruh mahasiswa KKL STISIPM Sinjai di Tellulimpoe, dosen STISIPM Sinjai, dan forum kabupaten kota sehat atas bantuan dan dukungannya sehingga acara ini mampu telaksana dengan lancar dan sukses. 

Zulfikar yang merupakan Kordinator Desa di Desa Bua yang sempat hadir pada seminar kabupaten sehat juga berharap kepada rekan-rekannya semoga saja kita semua tetap menjaga nama baik almamater, mengingat keberadaan kita di Kecamatan Tellulimpoe karena sudah tak lama lagi (proker  berakhir) jadi mari kita gunakan waktu yang tersisa untuk betul-betul mengabdi kepada masyarakat.

IZHAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.