Dimintai Dana Melalui Akun Facebook, Ini Kiat Jurnalis Sinjai TV Hadapi Penipuan

Jurnalis Sinjai TV, Zakaria Ridwan
BUGISWARTA.com, Sinjai -- Nampaknya pengunaan media sosial yang semakin marak dan saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang kehidupan manusia bisa saja menjadi alat kejahatan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Rabu, 5 April 2017.

Hal ini dialami sendiri oleh salah satu warga Sinjai yang juga merupakan jurnalis Sinjai TV Zakaria Ridwan yang hampir tertipu oleh oknum yang memakai akun milik orang lain, namun dirinya tidak terburu-buru untuk langsung mentransfer permintaan dana yang dimaksud.

"Tadi sekitar jam 14.00 WITA saya dichat oleh pemilik akun facebook atas nama Fadlullah Marzuki dan meminta uang Rp 3.000.000 untuk ditransfer ke rekeningnya namun saya tidak tanggapi karena saya ndak percaya kalau pak ustads minta uang sama saya", kata Zakaria.

Olehnya itu dirinya langsung menelpon Fadlullah Marzuki dan mengkonfirmasi kebenarannya, hal ini dilakukan sebagai langkah pertama untuk mengetahui apa benar atau tidaknya permintaan tersebut.

"Makanya saya langsung menelepon dulu pemilik akun, jangan langsung percaya permintaan itu sebelum dikonfirmasi, diamkan saja jangan dilayani chatnya jika ada yang chat seperti itu", bebernya.

Sementara itu pemilik akun Fadlullah Marzuki yang juga merupakan Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Al-Markas Al-Islami Darul Istiqamah Sinjai ini saat dikonfirmasi mengatakan jika hal itu merupakan modus penipuan, dikarenakan akun facebook miliknya tengah dihacker oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Sempat ada korban yang menelepon kepada saya untuk mentransfer namun itu semua modus penipuan karna saya tidak pernah meminta uang kepada siapapun, makanya jangan dilayani", Fadlullah menegaskan.

IZHAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.