Pilkada Sinjai Dibilang Seksi, Ini Penyebabnya

Pengamat Politik Lokal Sinjai, Fadelullah Marzuki (Dok. Int)
BUGISWARTA.com, Sinjai--Pengamat politik lokal Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Fadelullah Marzuki menilai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sinjai selalu seksi pada setiap pilkada. Kamis, 2 Maret 2017.

Fadelullah mengatakan bahwa sejak Pilkada pertama Sinjai 14 tahun lalu, Pilkada Sinjai selalu diikuti oleh banyak figur seperti pada Pilkada tahun 2013 lalu. Sinjai adalah salah satu daerah di Sulsel terbanyak konstestan figur yang ikut. " Itulah sehingga disebut Pilkada Sinjai selalu seksi," kata Fadelullah Marzuki.

Tahun 2013 lalu sebanyak sembilan calon bupati bertarung dan saat ini menjelang Pilkada Sinjai untuk tahun 2018 mendatang, sejumlah figur Sinjai pun mulai bermunculan.

Figur-figur tersebut ada yang berdomisili di Sinjai dan juga warga Sinjai yang sudah merantau dan sukses diperantauannya lalu merasa mampu dan kembali untuk ikut bertarung di Pilkada Sinjai. 

Beberapa nama figur yang telah sukses di daerah lain diantaranya adalah  A. Harun sebagai anggota DPRD Kalimantan Timur, Mahyanto (pengacara di Makassar dan Jakarta), A. Mizar Roem mantan Ketua KNPI Sulsel, Rahman A. Haedar (Kepala Biro SDM BPK RI), A. Seto Gadista Asapa (menetap di Jakarta), Khaerul Paoseri (mantan pegawai bank) menetap di Jakarta, Tajuddin Masse (anggota DPRD di Sidrap), Nasyit Umar Anggota DPR RI, A. Mappibali (pengusaha di Kaltim), A. Nasjuadi Hamzah Wari (pegawai PU Sulsel).

Sedang bakal calon bupati yang menetap di Sinjai adalah incumbent Bupati Sinjai Sabirin Yahya, Wakil Bupati A. Fajar Yanwar, Jamaluddin (Pengusaha), Andi Kartini (Wakil Ketua DPRD Sinjai, A. Zainal Iskandar (anggota DPRD Sinjai).

Padahal Sinjai tak seluas Kabupaten Bone dan Bulukumba, demikian pula jumlah penduduknya dan pemilihnya kurang lebih 200 ribu jiwa.

HAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.