'Mappadendang dan Gambus', Tradisi Warga Watu Usai Panen

Tradisi Mappadendang diiringi dengan musik gambus
BUGISWARTA.com, Soppeng---Pesta panen tidak terlepas dari tradisi para penduduk yang mendiami suatu daerah. Salah satu tradisi yang masih lestari yaitu kebiasaan dari warga Watu Kecamatan Marioriwawo yang usai melakukan panen padi kemudian mengadakan tradisi mappadendang yang diselingi dengan musik tradisional gambus.

Tradisi mappadendang dan gambus ini kembali digelar di kampung Allaringge Dusun Langkemme Desa Watu Kec. Marioriwawo. Jum'at 10/03/2017 kemarin.

Warga Watu sangat bersyukur atas hasil panen yang dicapainya pada musim tahun ini hal itulah yang menjadi dasar digelarnya kegiatan Mappadendang ini.
"Dan dari situlah kami adakan tradisi mappadendang atas keberhasilan panen ini, semoga pada panen selanjutnya kami tetap lestarikan adat mappadendang ini sampai anak cucu kami", ungkap Mappiasse salah satu warga saat ditemui oleh bugiswarta.com.
Acara ini dibuka oleh Camat Marioriwa Hadi Indra Jaya, S.IP didampingi oleh Kepala Desa Watu Juhari SE, Babinsa, Kamtibmas, para Kepala Dusun beserta staf Desa Watu dan KLLP STAI Al-Gazali Soppeng. 

MANSUR /USMAN/MULIANA AMRI

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.