Disdukcapil Nyatakan Puluhan Ribu Warga Sinjai Belum Miliki e-KTP


BUGISWARTA.com, Sinjai---Hingga awal Maret 2017 ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai, mencatat sebanyak 16.545 warga wajib pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) di daerah ini belum memiliki KTP elektronik.

Kepala Disdukcapil Sinjai, Akmal mengatakan, dari data hingga awal bulan Maret ini, tercatat sebanyak 176.984 orang wajib KTP dan 160.439 warga diantaranya sudah memiliki KTP elektronik atau persentase 90,65 %.
"Jadi masih ada sekitar 9,25 % masyarakat kita yang belum punya KTP elektronik, inilah yang menjadi sasaran kami selanjutnya dan insya Allah diakhir tahun kita targetkan seluruhnya sudah punya KTP elektronik", ungkapnya.
Selain kesadaran masyarakat yang masih rendah, faktor geografis juga menjadi penyebab keengganan warga untuk mengurus administrasi kependudukan ini. Namun Akmal tetap optimis seluruh wajib KTP memiliki KTP elektronik paling lambat akhir tahun ini.

Untuk memenuhi target tersebut, selain tetap memberikan pelayanan di masing-masing kantor kecamatan, pihaknya juga melakukan upaya jemput bola dengan menurunkan personelnya ke rumah-rumah penduduk untuk melakukan perekaman.

"Kita lakukan jemput bola, kita lihat dimana alamatnya kemudian kita datangi langsung untuk dilakukan perekaman".

Bahkan dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan menyasar sekolah SMA/sederajat yang ada di Sinjai untuk melakukan perekaman kepada pemilih pemula. 

"Kita sudah melakukan persuratan kepada setiap sekolah dan kita tunggu kapan kesediannya",  jelas Akmal. 
 
IZHAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.