Soppeng Bisa disulap jadi Ribuan Penginapan, Tanpa Investor

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Soppeng Hj.Nurul Safitri Fathullah/Istimewa

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Kabupaten Soppeng yang ingin dijadikan sebagai centre pariwisata dan kebudayaan di Sulawesi Selatan harus didukung dengan fasilitas penginapan yang sesuai dengan standar hotel berbintang dengan melibatkan masyarakat banyak.

Hal ini  kemudian ditanggapi oleh Ketua DPC Gerindra Soppeng Hj. Nurul Safitri Fathullah saat bincang-bincang dengan Bugiswarta.com Minggu, 19/2/2016. Di samping mempunyai hotel berbintang yang ada di Bumi Latemmamala, juga dia mempunyai gagasan untuk rumah warga yang mempunyai kamar dengan fasilitas hotel berbintang.

"Saat ini kita terkendala dengan penginapan, slogan "Ayo ke Soppeng" akan melempung jika mencari tempat menginap masih sangat sulit apalagi bagi para wisatawan," kata Hj Nurul Safitri. ‎

Selanjutnya Nurul yang kini muncul sebagai salah satu tokoh perempuan di Sulawesi Selatan untuk mewujudkan agar Soppeng memiliki ribuan penginapan  adalah mewujudkan keterlibatan masyarakat dalam artian peran pemerintah dalam melibatkan masyarakat yakni  dengan menyediakan failitas kamar yang layak huni disekitar objek-objek wisata.

"Misalnya rumah warga yang ada disekitar objek wisata, pemerintah melakukan pembinaan untuk menyediakan kamar satu unit sekelas hotel berbintang, fasilitas yang ada di dalam kamar tersebut bisa seperti hotel," kata Nurul Safitri dalam menyulap Soppeng menjadi ribuan penginapan selayaknya hotel.

Lebih lanjutnya Nurul menjelaskan bahwa lokasi wisata yang berada di Danau Tempe, Umpungeng yang saat ini setiap hari dikunjungi wisatawan, Lejja, Permandian Alam Citta dan tempat-tempat wisata yang lainnya, warga bisa menyediakan satu kamar untuk pengunjung yang fasilitas selayaknya hotel.

"Dapat juga dilakukan dengan melibatkan berbagai media, baik online, tv, koran untuk promosi habis-habisan itu akan memberi manfaat untuk perputaran ekonomi masyarakat Soppeng" ungkapnya.‎

Laporan Usman Al-Khair

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.