Rumah Baca Bukuta Philosophia Buka Kelas Budaya

Pengurus Rumah Baca Bukuta Philosophia Buka Kelas Budaya dan panitia kelas budaya

Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone Andi Promal Pawi (tengah) Ketua Dewan Pendiri Rumah Baca Bukuta Philosophia Buka Kelas Budaya Andi Zulkarnaen (kedua dari kiri) dan pengurus
BUGISWARTA.COM, Bone,--Rumah Baca Bukuta Philosophia kembali mengadakan kegiatan diskusi. Namun, kali ini yang berbeda adalah kegiatan ini dikemas dalam bentuk kelas. Kelas ini bertemakan Budaya dan Kearifan Lokal. Kelas ini diadakan selama tiga hari pada hari Kamis-Sabtu, 12-14 Januari 2017.

Kelas budaya ini diadakan dalam rangka menjawab karakter pemuda di era globalisasi. Adapun materi-materi yang diberikan adalah dasar-dasar budaya, antropologi budaya dan dasar-dasar kearifan lokal yang dibawakan langsung oleh salah satu pemerhati buadaya Abdi Mahesa.

Andi Promal Pawi selaku Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone mengungkapkan,hanya ada tiga daerah yang menciptakan dinas kebudayaan secara khusus yaitu Jogja, Bali dan Bone. "Itu menjadi bukti perhatian serius Pak Bupati terhadap kebudayaan," kata Promal.

Ketua Dewan Pendiri Rumah Baca Bukuta Philosophia Andi Zulkarnain, menuturkan Rumah Baca Bukuta Philosophia didirikan untuk memperkuat pemaknaan dan implementasi filosofi Bugis, getteng, lempu, ada tongeng, warani, temmappasilaingen. (Baca : Tegas, Jujur, berkata benar, berani dan adil)

"Kami diRumah Baca Bukuta Philosohia juga setuju dengan adagium bahwa jika ingin memusnahkan suatu bangsa, pisahkanlah ia dengan jejak leluhurnya," kata Zulkarnaen

Zulkarnaen berharap kelas budaya rumah baca bukuta philosophia diharapkan mampu membangun generasi yang paham wacana dan realitas kekinian, tapi juga punya pijakan lokal genius yang kuat.

LA KULLU
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.