Patut dicontoh, Program Desa Barae TA 2016 'Tuntas' -->
Cari Berita

Patut dicontoh, Program Desa Barae TA 2016 'Tuntas'

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Kinerja proyek Desa Barae Patut diacungi Jempol, ‎pasalnya segala pembangunan fisik maupun non fisik yang di kerjakan di Desa Barae, Kecamatan Marioriwawo,Kabupaten Soppeng tahun anggaran 2016 telah rampung dan dituntaskan.

Kepala Desa Barae Hj Martang Amiruddin mengatakan, beberapa pembangunan fisik yang telah di kerjakan di Desa Barae berada di dua dusun yakni dusun Walimpong serta Pajalesang.

"Adapun beberapa pembangunan fisik yang sudah selesai di kerjakan, diantaranya, jalan pelita, poros sumur umum, depan SD 195 Barae, Kampung Baru tinro lanceng, kesemuanya ini adalah pekerjaan Jalan Beton,"katanya Selasa (18/1/2016).

Selain itu kata dia, pengerasan jalan tani di pajalesang juga sudah selesai di kerjakan, pembangunan gedung tk serta gedung pertemuan,lanjutan pemasangan plapon posyandu, serta mobiler, kesemuanya sudah di kerjakan.

"Untuk pekerjaan drainase meliputi, dusun pajalesang, RW 2, Rw 1, pinggir lapangan Walimpong,"ujarnya.

Lanjut Hj Martang mengatakan, anggaran yang di gelontorkan untuk pekerjaan tersebut sebesar Rp.2.002, 752, 718, sementara sisa saldo yang tersimpan saat ini sebesar Rp 13.088,793. Jadi semua pekerjaan terealisasi sebelum akhir desember. 

"Itu merupakan anggaran tahun lalu dimana meliputi belanja langsung, belanja tak langsung, pembangunan jalan desa, serta pemeliharaan jalan desa. Jadi semua pekerjaan terealisasi sebelum akhir desember tahun lalu."Ujarnya. 

Ia menambahkan, keberadaan anggaran yang di gelontorkan disetiap desa sangat di apresiasinya, dikarenakan hal tersebut juga bisa memberdayakan masyarakatnya. 

"Tentunya setiap desa beda program,prinsip, dan pemahaman, dengan adanya anggaran di setiap desa, sekiranya dapat lebih memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya baik melalui pembangunan fisik maupum melalui pemberdayaan. Dan apa yang dikerja tahun ini bisa menjadi pembelajaran buat tahun depan serta bisa jauh lebih baik lagi."Tutupnya.

Laporan Usman