Orasi Di Kantor Bupati, Ini Tuntutan Demo Mahasiswa Sinjai -->
Cari Berita

Orasi Di Kantor Bupati, Ini Tuntutan Demo Mahasiswa Sinjai

Mahasiswa Sinjai Membakar Ban Bekas Didepan Kantor Bupati Sinjai (Dok.Izhar)

SINJAI, Bugiswarta.com---Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Sinjai menggelar aksi demo menuntut Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya untuk memberhentikan tiga pejabat lingkup pemerintahan Kabupaten Sinjai yang berstatus tersangka terkait kasus penerimaan gaji PNS terpidana korupsi, Senin, (9/1/2017)

Tiga pejabat yang dimaksud oleh para Mahasiswa tersebut yakni, Tayyeb A.Mappasere (Sekda Sinjai), Akmal (Asisten III), Muhlis Isma (Kadis Sosial). Ketiganya diminta untuk diberhetikan karena berstatus tersangka.

Aksi dari HIPPMAS Sinjai berawal di depan rumah jabatan bupati sinjai, Jalan Persatuan Raya dan kemudian berlanjut di kantor Bupati Sinjai yang diwarnai dengan aksi pembakaran ban bekas dan sempat terjadi aksi saling dorong dengan aparat keamanan dari kepolisian dan satpol pp.

Dalam aksi tersebut para demostran mengancam dengan memberikan waktu selama 2 kali 24 jam akan melakukan aksi yang lebih besar lagi jika tuntutan mereka tidak terpenuhi.

Penanggung jawab aksi, Muhammad Wahyu mengatakan dalam aksi ini ada beberapa poin tuntutan dalam pernyataan sikap yang kami buat, yakni meminta Bupati Sinjai untuk segera memberhentikan aparatnya yang terseret kasus korupsi, usut tuntas kasus korupsi di periode bupati A.Rudianto hingga periode H Sabirin Yahya sekarang ini dan penegakan supremasi hukum.

"Kami minta bupati sinjai agar memberhentikan pejabat yang terseret korupsi. Jika tuntutan kami tidak dipenuhi maka dalam waktu 2 kali 24 jam maka kami akan melakukan aksi yang lebih besar lagi," ujarnya.

Dalam pernyataan sikapnya para mahasiswa ini juga menuntut agar Sabirin Yahya ditangkap dan diadili karena dianggap melakukan pembiaran terkait penerbitan SK pembebasan dari jabatan struktural, mendesak pihak Kejari Sinjai mengusut tuntas kasus korupsi yang terjadi di Sinjai, mendesak pihak DPRD Sinjai dalam mengawal dan bekerja lebih profesional serta tangkap dan adili mafia hukum.

Setelah puas berorasi dan tidak berhasil ditemui Bupati Sinjai massa Mahasiswa kemudian beranjak ke Kejari Sinjai dengan tuntutan yang sama dikawal ketat Aparat Keamanan dipimpin langsung Kapolres Sinjai AKBP. Agus dwi hermawan.

Terkait anspirasi yang akan disampaikan oleh para demostran, Kabag Humas Pemda Sinjai Sabir Syur itu merupakan bentuk perhatian Mahasiswa terhadap pemerintahan di Sinjai. Karena mereka tentunya ingin melihat Sinjai yang lebih baik.

"Dalam aksi tadi Bupati mengintruksikan kepada saya untuk bernogosiasi dengan para pendemo dengan meminta perwakilan sepuluh orang untuk menemui Bupati namun mereka tidak mau jika hanya perwakilan dan mereka mau semuanya bertemu dengan Bupati namun tidak diperbolehkan, " Kuncinya.

Laporan.  : Izhar
Editor.      : Usman Al-Khair