Soppeng Command Centre, Buat Bupati Soppeng Kendalikan Pemerintahannya Dalam Sekali Sentuhan -->
Cari Berita

Soppeng Command Centre, Buat Bupati Soppeng Kendalikan Pemerintahannya Dalam Sekali Sentuhan

SOPPENG,Bugiswarta.com -- Terobosan cerdas nan inovatif kembali diluncurkan oleh Pemkab Soppeng. Dalam waktu dekat ini, mereka akan melaunching Soppeng Command Centre (SCC).
Inovasi itu membuat Bupati dan Wakil Bupati Soppeng bisa mengendalikan sebagian pemerintahannya hanya dalam sekali sentuhan dari ruang kerjanya di Kantor Bupati.
"Ini terobosan baru yang mungkin belum dimiliki pemerintah daerah lain di Indonesia. Bupati mengontrol pemerintahannya tanpa beranjak  dari ruang kerjanya," kata tenaga ahli Pemkab Soppeng, Nurmal Idrus, Sabtu.
SCC berupa ruang kendali yang ditempatkan di ruang kerja Bupati Soppeng. Terdiri dari puluhan layar lebar yang mempunya tugas masing-masing. Modelnya sangat futuristik dan mengadopsi ruang kontrol di Film Star Wars. Dari ruang kontrol, Bupati dan Wakil Bupati bisa dengan mudah memantau semua aktivitas pemerintahannya mulai dari pergerakan data hingga aktivitas fisik.
 "Hanya sekali klik, Bupati dan siapa saja yang membutuhkan bisa mengetahui misalnya data kependudukan seperti kelahiran dan kematian," ujarnya. 
Hebatnya, dari ruang SCC ini Bupati bisa mengendalikan pergerakan mobil sampah, pemadam kebakaran hingga ambulance oto mapajappa. "Selain itu ada puluhan CCTV yang dipasang di beberapa tempat strategis di seluruh Soppeng yang langsung terhubung dengan SCC," tambahnya.

 Pergerakan dan tingkat kedisiplinan pegawai Pemkab Soppeng juga terkontrol dari ruang ini. Semua unit kerja dipasangi dengan CCTV tersambung ruang kontrol. Sementara kehadiran pegawai dikontrol melalui sistem scan absensi yang langsung terekap di SCC.
"Launchingnya akan diusahakan pada setahun pemerintahan AKAR SUPER pada Februari 2017 mendatang. Datanglah lihat ruang itu, dan anda akan merasa seperti bukan di Soppeng," tukasnya.‎
Laporan Usman Al-Khair