Titik Tengah Indonesia Ada di Upungeng Bukan di Makassar -->
Cari Berita

Titik Tengah Indonesia Ada di Upungeng Bukan di Makassar

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Kendati Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu mengklaim, Makassar sebagai poros tengah Indonesia. Atas dasar itu pula, sebuah delta di Pantai Losari dinamai Centre Point of Indonesia.

Seperti yang dilansir Tribun timur Kelak, kawasan itu akan menjadi salah satu ikon baru di Makassar. Akan didirikan bangunan-bangunan megah, perumahan, hotel, masjid megah, serta tak lupa Wisma Negara yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya Centre Point of Indonesia yang sebenarnya ada di Dusun Umpungeng, sebuah dusun terpencil di Kabupaten Soppeng, kurang lebih 192 km dari Kota Makassar.

Dusun Umpungeng merupakan bagian dari wilayah Pemerintahan DesaUmpungeng, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng tempat bersejarah para legenda -legenda Raja Bugis Terdahulu Gowa, Bone, Soppeng da Wajo.

Dusun ini terletak di deretan bukit menyerupai tubuh manusia yang sedang terbujur ke barat, deretan bukit tengah yang merupakan lokasi Umpungengterlihat menyerupai pusar manusia.

Umpungeng berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut dan merupakan wilayah paling barat Pemerintahan Kabupaten Soppeng.

Umpungeng berbatasan dengan Kabupaten Barru sebelah barat dan Kabupaten Bone di sebelah selatan‎

(Usman)