Hadapi Tahun Politik, Masyarakat Harus Kedepankan 4 Pilar Bangsa -->
Cari Berita

Hadapi Tahun Politik, Masyarakat Harus Kedepankan 4 Pilar Bangsa

BUGISWARTA.com, Kuningan -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Tina Wiryawati kembali membekali warga Desa Singkup Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan dengan empat pilar kebangsaan.


Tina mengajak masyarakat untuk menjadikan empat pilar kebangsaan tidak hanya dipahami saja, melainkan menjadikan 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika dijadikan pedoman hidup dalam bermasyarakat terutama dalam menghadapi tahun politik, masyarakat harus kedepankan 4 pilar bangsa.


"Empat pilar ini kan biasanya teks books yang secara pengetahuan  disampaikan kepada para pelajar. Tapi kali ini, karena audiensinya pemerintah desa, Ibu-ibu PKK serta masyarakat," kata, Tina Wiryawati saat melaksanakan kegiatan sosialisasi empat pilar di Desa Singkup Kecamatan Japara, Jumat (21/1/2021).


Dari empat pilar salah satunya ialah Pancasila. Sila pertama itu kan Ketuhanan Yang Maha Esa, Ia menerapkan pendekatan sila-sila itu harus teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 


Jadi, kata Tina, tidak hanya slogan dan lambang Garudanya itu jangan hanya menjadi pajangan di ruangan-ruangan. 


"Makanya, Saya ini melakukan sosialisasinya dari sila pertama dulu yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam penerapannya tidak  hanya sembahyang, tidak hanya menjalankan ritual, akan tetapi aplikasi sebagai muslim kita harus mengaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Salah satunya dari iman itu ialah menjaga kebersihan," kata Tina.