Tangani Stunting, AKI, AKB Bertemu dengan Ketua Forum Kabupaten Sehat Takalar

Bugiswarta.com, Takalar -- Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat (PERSAKMI) yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan kembali melakukan advokasi inovasi penanganan stunting.

Angka kematian ibu dan angka kematian bayi pada daerah Kabupaten Takalar pada hari selasa tanggal 26 Nopember 2019 tepatnya di kantor Bupati kabupaten takalar. 

Kegiatan ini di koordinir oleh ketua PP Persakmi bapak Prof. Ridwan, SKM, M. Kes. Phd dan Prof. Sukri Palutturi, SKM, M. Kes, Phd yang didampingi oleh tim Advokasi Dr. Adam Badwi, SKM, MM, Dr. Andi Alim, SKM, M. Kes dan Zainuddin, SKM, MM.

Kegiatan advokasi ini diterima langsung oleh Bupati Takalar yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar bersama jajarannya dan Ketua Persakmi Kabupaten Takalar yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Kegiatan ini dilaksanakan dengan diskusi yang penuh dengan suasana kehangatan dan berlangsung secara dinamis.

“Untuk Kabupaten Takalar kami kira inovasi ini sejalan dengan Kabupaten Sehat yang tengah dikembangkan di Kabupaten Takalar sehingga perlu segera dilakukan implementasi” ungkap Bupati Takalar yang merupakan ketua Forum Kabupaten Sehat Takalar. 

Ditambahkan oleh tim Advokasi melalui juru bicara tim Bapak Zainuddin, SKM, MM yang mengungkapkan bahwa “Kabupaten Takalar selaku kabupaten yang terpilih dalam uji coba penanganan stunting, AKI dan AKB dapat berjalan dengan baik mengingat bahwa sistem kesehatan yang ada di Kabupaten Takalar telah memadai untuk melaksanakan program sehingga perlu didukung dengan sistem masyarakat yang kuat, kehadiran pendamping SKM di Desa dalam penanganan stunting, AKI dan AKB dapat menguatkan sistem masyarakat dan menjembataninya dengang sistem kesehatan yan telah ada sehingga kedua sistem tersebut semakin sinergis”. Ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar (Ibu dr. Hj. Nilal Fauziah, M.Kes) mengharapkan agar lokus desa yang menjadi sasaran program inisiasi ini dapat melingkupi seluruh desa yang ada di Kabupaten Takalar yang berjumlah kurang lebih 100 desa/kelurahan. 

Buka juga Video Bupati Bone : 
Dinas kesehatan Kabupaten Takalar sangat mengapresiasi kehadiran SKM di desa sehingga fungsi-fungsi kader kesehatan Desa yang telah ada selama ini di Kabupaten takalar melalui Peraturan Bupati Takalar dapat semakin kuat oleh karena adanya mitra di desa. 

(Alimin)
Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment