Kaswadi Sebut Pesta Adat Citta Tumbuhkan Semangat Gotong Royong -->
Cari Berita

Kaswadi Sebut Pesta Adat Citta Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

Bugiswarta.com, Soppeng -- Bupati Soppeng, H.Andi Kaswadi Razak SE, sangat mengapresiasi kepada pemerintah Citta yang telah melaksanakan pesta adat dimana kegiatan tersebut  telah menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong warga.

Hal itu ia sampaikan melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Bugiswarta usai menghadiri pesta adat Pattaungeng rakyat Citta, di Permandian Alam Citta, Desa Citta, Kecamatan Citta, Jumat (29/11/2019).

“Acara Pattaungeng ini suatu tradisi budaya kita yang di warisakan dari orangtua kita dari turun temurun, acara Pattaungeng ini sebenarnya acara ulang tahun yang di lakukan dengan setiap tahun,” ungkapnya.

Selain itu juga memiliki sejarah munculnya 4 sumber air di Citta yang merupakan nikmat tuhan yang di berikan kepada masyarakat, menurut nya hal itu patut di maknai dengan berterima kasih dengan pesta rakyat dalam bentuk adat kepada sang pecipta.

“Selain itu acara Pattaungeng ini dapat dijadikan sebagai wadah silaturahim, dan berkumpul bersama – sama disini untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan tradisional,” tuturnya.

Buka juga videonya : 
Sementara dalam laporan panitia pelaksana, H.Muhammad Zainuddin, mengatakan pesta adat ini salah satu rangkaian pelestarian nilai – nilai budaya yang ingin menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong.

“Pesta adat ini bertujuan untuk mempertahankan warisan dari leluhur, dari masa ke masa untuk anak cucu kita, beberapa rangkaian yang akan di laksanakan diantaranya, Mappadendang, Maseppe, Mattojang, Maddaga dan Tarian tradisional,” ucapnya.

Kegiatan ini berjalan merupakan wujud kerjasama, antara pemerintah Desa, Kecamatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta masyarakat Citta

Rls