Jokowi 35,9% Prabowo 62,2% -->
Cari Berita

Jokowi 35,9% Prabowo 62,2%

Bugiswarta.com, Jakarta --Lembaga Afiliasi Penelitian dan Teknologi (Lapitek) Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) kembali merilis hasil penghitungan suara Pilpres 2019, berdasarkan survei form C1.

Hasilnya, paslon nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno disebut unggul 62,20 persen, sedangkan paslon nomor 01Jokowi-Ma"ruf Amin 35,90 persen.

Hasil survei tersebut berdasarkan penelitian form C1 dari 8.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 34 provinsi.
Metode penelitiannya menggunakan multi stage random sampling dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

"(C1 plano) yang paling banyak masuk ke kami dari wilayah barat. Hasilnya penelitiannya 62,20 persen untuk pasangan 02 dan 35,90 untuk pasangan 01," kata Ketua LPPM sekaligus perwakilan Lapitek UKRI Rochmanijar Setiadi, di Kampus UKRI, Kota Bandung, Kamis (25/4/2019).

Jika di jumlah, total prosentase kedua paslon tidak 100 persen, melainkan 98,10 persen. Sisanya disebut sebagai prosentase suara tidak sah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pasangan Jokowi-Ma"ruf unggul di 11 provinsi seperti Bali, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara. Sementara Prabowo-Sandi unggul 23 provinsi.

Dia juga mengatakan, C1 plano yang didapat sebagai sampling penelitian merupakan hasil laporan dari relawan yang disebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu sebagian besar C1 yang diterima berasal dari Indonesia Barat melihat jumlah pemilih cukup banyak.

"Kami lebih banyak mengambil C1 Plano dari wilayah barat karena jumlah pemilih cukup banyak," ucap Rochmanijar.

Pihaknya menjelaskan penelitian atau survei yang dilakukannya ini digelar untuk ketiga kalinya. Mulai survei elektabilitas, exit poll hingga berdasarkan C1 plano.

Rls