Melihat Lebih Dekat Tradisi Berburu Babi Hutan Masyarakat Bugis Soppeng

Babi Huta Hasil Buruan Warga dikumpul untuk dibagika ke Pemilik Anjing yang mengikuti perburuan tersebut/Gunz

Bugiswarta.com, Soppeng – Salah satu budaya masyarakat Bugis secara umum dan terkhusus Masyarakat Soppeng adalah berburu babi hutan dimusim kemarau. Sebagai masyarakat petani babi hutan sudah menjadi hama sehingga memen tertentu semua masyarakat ikut bahu-membahu danb bergotong royong untuk berburu babi ditengah hutan.
Kali ini Kampung Baru Kelurahan Lalabata Rilau Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan menjadi lokasi untuk berburu babi hutan.
Alhamdulillah hari ini kami dapat tangkap 7 ekor babi masing masing 1 ekor di tompo tobani, 2 ekor di kampung baru, 3 ekor di jalanan ke lempa dan 1 ekor di panincong,” Kata Dolly seperti yang dilansir Soppeng Post Minggu (12/8/18)

Dia menyebutkan bahwa acara tersebut terlaksana atas permintaan masyarakat yang resah lantaran hama babi hutan memakan tanaman petani dikebun warga.
”Acara ini di laksanakan atas permintaan masyarakat karena hama babi selama ini sudah sangat meresahkankan warga di kampung baru termasuk di lempa, tompo tobani dan sekitarnya karena Tanaman warga seperti ubi, kentang dan padi jagung tak luput dari serangan hama babi tersebut,’Ungkapnya”
Selanjutnya sekitar 500 ekor anjing dari berbagai wilayah di Soppeng, termasuk dari Kabupaten Bone ikut pada acara berburu tersebut.
Mansur/Usman

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.