Tentara Jadi Guru di Selayar

Mahasiswa Ikuti Giat TMMD 102 di Kepulauan Selayar
 

 
Hari Jum’at, (20/07) menjadi hari kedua bagi rombongan mahasiswa KKN tematik Universitas Hasanuddin Makassar, dan anggota TNI Kodim 1415/kepulauan Selayar melakoni profesi baru sebagai sosok guru Madrasah Ibtidaiyah di Kampung Dodaiyah, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar. 
 
MI Dodaiyah merupakan sekolah bernafas Islam yang berdiri kokoh di salah satu daerah pedalaman terpencil daratan Kepulauan Selayar. di lingkungan sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Babut Taqwa Dodaiyah itulah, anggota Kodim 1415/Kepulauan Selayar bersama sembilan orang mahasiswa KKN Tematik Universitas Hasanuddin Makassar melakukan proses transfer ilmu dan menjabarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui rangkaian pengabdian kepada masyarakat.
 
Sikap peka dan rasa empati Dansatgas TMMD 102 Kabupaten Kepulauan Selayar, Letkol Armed Yuwono, S.Sos., MM, mengantar langkah kaki anggota Kodim 1415/Kepulauan Selayar mendampingi sembilan orang mahasiswa KKN tematik Universitas Hasanuddin Makassar untuk mengawali rangkaian pengabdian sebagai tenaga pengajar di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah dan mengisi kekosongan guru di sekolah yang dipimpin oleh H. Jamaruddin, S.Ag tersebut.
 
Rombongan anggota TNI bersama mahasiswa tiba pertama kali di MI Dodaiyah pada hari Kamis, (19/07) pagi dengan menggunakan armada mobil operasional Kodim 1415/Kepulauan Selayar dibawah pengawalan ketat Danramil 1415/01 Bontosikuyu, Mayor Arh Ahmad Sarro, anggota Unit Intel Dim 1415/Kepulauan Selayar, personil Babinsa, dan koordinator media centre TMMD 102 tahun 2018 Kepulauan Selayar.
 
Sosok guru baru dari lingkungan satuan Kodim 1415/Kepulauan Selayar yang didampingi oleh  mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar ini diterima oleh Pelaksana tugas Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dodaiyah, Baso Alang, A.Ma dan sejumlah dewan guru lainnya.
 
Usai  diserah terimakan dari Danramil 1415/01 Bontosikuyu, Mayor Arh Ahmad Sarro kepada pelaksana tugas kepala sekolah, rombongan anggota TNI dan mahasiswa KKN tematik Unhas Makassar, langsung menuju ruangan kelas masing-masing untuk saling berkenalan, sebelum melakukan proses interaksi dan melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) dihadapan dua puluh satu orang siswa MI.
 
Usai mengajar, rombongan guru dari kalangan mahasiswa KKN, langsung turun ke lapangan olahraga dan membaur bersama siswa MI Dodaiyah yang tengah bermain bola volly, baru setelah itu, rombongan mahasiswa diarahkan ke ruangan guru untuk mencicipi hidangan menu yang disiapkan pihak sekolah.
 
Aktivitas belajar mengajar hari pertama diakhiri dengan season foto bersama di halaman depan sekolah. 
Koordinator mahasiswa KKN tematik Universitas Hasanuddin Makassar, Zul Fajri menuturkan, rombongan mahasiswa KKN akan menunaikan tugas pengabdian masyarakat sebagai seorang guru di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Dodaiyah, sampai dengan dilakukannya proses penarikan dari lingkungan kampus.
 
Selama mengajar di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Dodaiyah, kesembilan orang mahasiswa dari berbagai fakultas dan disiplin ilmu ini akan tampil membawakan sembilan materi pembelajaran mulai dari bidang study Bahasa Indonesia, mate-matika, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Penjaskes, Bahasa Arab, IPA, IPS, Pendidikan Ahlaq dan Aqidah, serta Qur’an Hadits.
 
Selain merupakan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini juga diakui sekaligus adalah bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan program TMMD 102 di wilayah Kodim 1415/Kepulauan Selayar. 
 
FADLY SYARIF
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.