Dansatgas TMMD 102 Kepulauan Selayar Nyatakan Dukungan Terhadap Program KEK -->
Cari Berita

Dansatgas TMMD 102 Kepulauan Selayar Nyatakan Dukungan Terhadap Program KEK


BUGISWARTA.com,SELAYAR--Komandan Satgas TMMD 102 Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Letkol Armed Yuwono, S.Sos., MM menyatakan dukungan penuh terhadap program pengembangan kawasan ekonomi khusus pariwisata oleh pemerintah kabupaten yang tergelar dari pesisir Pantai Pamatata, sampai ke Desa Appatanah, Kecamatan Bontosikuyu.
 
Pernyataan tersebut dilontarkan Letkol Armed Yuwono, S.Sos., MM saat menyampaikan sambutan dalam penyelenggaraan kegiatan Non Fisik TMMD ke 102 berupa  pesta Adat Jalombong dan Lomba mancing yang dilaksanakan secara terpusat, di Pesisir Pantai Sangkulu-Kulu, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu, pada hari Minggu, (22/07) siang kemarin.
 
Di mata Yuwono, pesta adat Jalombong dan lomba mancing merupakan salah satu bentuk tradisi dan kearifan lokal yang perlu dipupuk dan dilestarikan sebagai bahagian tak terpisahkan dari kegiatan pembinaan adat dan budaya.   
 Pesta adat Jalombong diakuinya, merupakan sebuah potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Selayar. Ia mengaku, telah mengelilingi seperempat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tengah giat-giatnya melakukan kegiatan pengembangan kearifan lokal budaya dengan memanfaatkan potensi wisata yang dimiliki oleh masing-masing daerah.
 
Jikalau pembinaan adat dan budaya Kabupaten Kepulauan Selayar dapat dilakukan secara terus-menerus melalui kegiatan pengemasan dan pengembangan bentuk-bentuk kearifan lokal budaya, maka hal ini diyakini Yuwono sebagai salah satu potensi penunjang luar biasa yang akan memperkuat terwujudnya kebijakan pengembangan pariwisata dan kawasan ekonomi khusus yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui sinergitas kerjasama dengan jajaran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 
 
Kegiatan pengemasan, pengembangan, serta pembinaan potensi adat diyakininya akan semakin meningkatkan dan memajukan potensi pariwisata lokal Kabupaten Kepulauan Selayar. Menutup sambutannya Yuwono menyampaikan kesiapan jajaran TNI bersama institusi Polri untuk mendukung dan menyukseskan segala bentuk program kerja yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar disertai harapan, semoga Kabupaten Kepulauan Selayar akan semakin maju dan siap berkompetisi dengan daerah-daerah lain di belahan nusantara, hingga pada akhirnya nanti, Kabupaten Kepulauan Selayar akan berhasil menempati posisi terdepan dalam kegiatan pengembangan potensi dan sumber daya alam (SDA, red). 
 
FADLY SYARIF