NCID : Jokowi Tinggalkan Buruh, Buruh Tinggalkan Jokowi

-->
Spanduj Bertulis Invasi Berkedok Investasi #Tolak TKA China dibawa peserta saat menggelar aksi unjukrasa menuju Istana
Bugiswarta.com, Jakarta -- Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman menilai sikap organisasi buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang menggalang puluhan ribu buruh untuk menyatakan dukungan terhadap Prabowo Subianto adalah sebuah lankah maju untuk memperjuangkan hak dan kepentingan buruh, di Istora Senayan  Senin,1/5/2018.

Menurutnya, hal tersebut sebuah respon atas ketidakberpihakan pemerintah terhadap buruh dan angkatan kerja nasional yang belum terserap. Serta sikap Joko Widodo yang terkesan rutin menghindar tiap demonstrasi penyampaian aspirasi kaum buruh.

"Adapun soal dukungan buruh terhadap Prabowo Subianto sah sah saja dan tidak melanggar aturan. Justru hal tersebut adalah sebuah gerakan yang jauh lebih dewasa dalam negara demokrasi untuk memperjuangkan hak-hak buruh,kita lihat saja buruh demo Pak Jokowi gak ada, jadi hal yang bener kalau buruh juga meninggalkan jokowi" Kata jajat.

Kita ketahui, lanjut Jajat, jika sebelumnya perayaan hari buruh dilakukan dengan demonstrasi dan tidak jarang rusuh yang diwarnai berbagai jenis anarkistis lainnya. Kali ini, buruh menggelar gerakan damai dengan menempuh jalur sikap politik menyatakan dukungan kepada pihak yang bersedia memperjuangkan nasib buruh.
Video Teriakan-teriakan Buruh saat May Day 2018
"Sadar atau tidak sadar pak Joko Widodo telah melakukan kesalahan fatal dengan mengabaikan dan memilih untuk menghindar daripada bedialog dengan buruh," tegasnya.

Pantauan Bugiswarta.com pada pelaksanaan May Day buruh memilih menggunakan hastag #2019gantipresiden dengan berbagai teriakan ketidak puasan terhadap pemerintahan Jokowi

Usman

Share on Google Plus

About Usman Alkhair

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.