Lagu Sessi-Sessi Bale, Ajaran Keadilan Masyarakat Bugis Untuk Anak

Foto Ilustrani/INt
Bugiswarta.com, Bone - Masih ingatkah lagu sessi-sessi bale (lagu-lagu yang dimainkan anak kecil saat bermain) yang sering dinyanyikan saat kita masih kecil, ternya lagu yang biasa kita nyanyikan dan main-main penuh makna yang mendalam.
Permainan ini hampir tidak kita dapatkan lagi dimainkan oleh anak-anak masa kini. Bahkan kemungkinan lagunya yang merupakan lagu favorit bagi kalangan anak-anak sudah tidak diketahui oleh anak-anak sekarang.
Untuk mengingat kembali masa lalu zaman dimana kita masi anak-anak, bugiswarta.com memberikan lirik lagu "sessi sessi bale"

Sessi-sesi bale tawana ulunna
Tawana tawana epponna
Tawana ikko'na
Tawaku ittellona

Artinya (Sisik-sisik ikan dia mendapatkan kepala, dia mendapatkan perut, dia dapatkan bagian ekor, dan saya dapatkan telurnya)
Lagu ini dinyanyikan sambil meilustrasikan tangan sebagai ikan.
Dari beberapa sumber yang ditemui bugiswarta.com 07/03/2015 mendapatkan bahwa inilah salah satu yang menjadi pelajaran orang tua kita untuk berlaku adil dimana dalam ilustrasi permainan tersebut diajarkan untuk memberkan bagian, mulai dari kepala, badan, ekor hingga telur.
Dan dalam permainan tersebut setiap yang diberikan tidak ada yang keberatan justru kita tersenyum bahagia dan ketawa atas apa yang didapatkan.

Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.