Universitas Negeri Makassar Tuan Rumah Pertemuan Pramuka se-Indonesia -->
Cari Berita

Universitas Negeri Makassar Tuan Rumah Pertemuan Pramuka se-Indonesia


Universitas Negeri Makassar Tuan Rumah Pertemuan Pramuka se-Indonesia

BUGISWARTA.com, Makassar -- Sebanyak 127 peserta dari 38 perguruan tinggi seluruh Indonesia mengikuti Latihan Gabungan Nasional (Latgabnas) di Universitas Negeri Makassar. 

Latgabnas ini merupakan ajang pertemuan antara pramuka se-Indonesia yang berpangkalan di perguruan tinggi dan akan dilaksanakan selama 7 hari, tanggal 1 Oktober hingga 7 Oktober 2017. 

Perhelatan akbar pramuka yang bertemakan "Dari Pramuka Untuk Masa Depan" ini diawali dengan prosesi buka adat Racana Ranggong Dg Romo dan Opu Dg Risaju kemudian dilanjutkan dengan buka adat Bhinneka Tunggal Ika. 

Wardiman, S.Pd dalam laporan reka kerjanya menuturkan beberapa item kegiatan selama latihan gabungan nasional ke IX ini berlangsung, diantaranya giat wawasan, giat rescue, giat umum, dan giat wisata. 

Sementara itu, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan ini Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Pangkalan UNM mengatakan gerakan pramuka merupakan pendidikan nonformal yang telah ditanamkan sejak pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Di UNM sendiri, gerakan pramuka gugus depan melakukan kemah lomba pramuka penegak, selain itu pramuka pangkalan UNM juga memiliki desa binaan tempat dilakukannya kegiatan kepramukaan dengan mengajak masyarakat setempat menjadi bagian penting dari sebuah gerakan pramuka. 

"Kegiatan yang kita lakukan secara berkala juga oleh gugus depan ialah bakti sosial, tidak hanya itu pramuka juga selalu kita libatkan pada acara-acara universitas", lanjutnya. 

Ia berharap seluruh peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara maksimal. 

Turut hadir pada pembukaan Latgabnas ini Wakil Kuartir Nasional Bidang Bina Dewasa Dr. Susiawati, Wakil Kuartir Daerah, Kapusat Pendidikan dan Latihan Nasional, Ketua Dewan Kerja Nasional, seluruh Majelis Pembimbing Gugus Depan Pangkalan UNM.

BURHANUDDIN/MULIANA AMRI