Tidak Ada Bibit Padi Gratis Untuk Kelompok Tani di Bone Tahun Ini

Kabid Tanaman Pangan Distan Kab. Bone, Nurdin
BUGISWARTA.com, Bone -- Kelompok tani di Kabupaten Bone tahun ini tidak mendapatkan bantuan bibit padi inbrida varietas Memberamo dan Mekongga, hal ini berdasarkan surat Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Direktorat Pembenihan tanggal 29 September 2017  yang diterima Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kab. Bone.

Dari surat tersebut, tidak adanya bantuan bibit padi dikarenakan tidak adanya penawaran yang lulus penawaran penunjukan langsung pengadaan bibit Padi inbrida varietas Memberamo dan Mekongga di Direktorat Pembenihan Kementerian Pertanian.

Kabid Tanaman Pangan Distan Kab. Bone yang kami hubungi menuturkan bahwa memang untuk tahun ini tidak ada bantuan bibit padi dan semoga di tahun 2018 akan ada.

"Tahun ini tidak ada berdasarkan surat yang masuk dan In Shaa Allah 2018 akan ada," tutur Nurdin. Senin 9 Oktober 2017.

Meski demikian, kelompok tani masih bisa membeli bibit padi yang disubsidi pemerintah 2500/kg.

"Kelompok tani masih bisa membeli bibit padi yang disubsidi 2500/kg," kunci Nurdin.

Ketua LSM Latenritappu yang kami temui mengungkapkan bahwa hal tersebut perlu disampaikan oleh pemerintah kepada  masyarakat bahwa HET 2.500 perkilogram berdasarkan aturan yg sudah ditentukan oleh pemerintah dan yang bisa mendapat bibit padi besubsidi adalah yang tergabung di Kelompok Tani tersebut.

ASRUL/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.