Sutra Soppeng Mulai Bangkit, Ukir Sejarah Kembali

BUGISWARTA.com, Soppeng -- Sutra Alam di Kabupaten Soppeng pernah dikenal dan terukir dalam sejarah era pemerintahan Presiden Republik Indonesia (RI) Soeharto, Apakah kejayaan sutera soppeng akan kembali lagi semenjak Presiden ke-2 Indonesia ini yang pernah mengunjungi bumi Latemmamala.

Sejarah perjalanan sutera pertama kali masuk di Kabupaten Soppeng sejak tahun 1964 yang kini telah berkembang pada bidang bisnis masyarakat soppeng, hingga masa Puncak kejayaanya pada tahun 1968.

Salah satu tokoh sutera soppeng Andi Massalangka Chaeruddin bersama Andi Ahmad Saransi Kabid Arsip dan Perpustakaan, menceritakan sejarah perjalan sutera di bumi latemmamala sejak pertama kalinya.

"Masa kejayaan sutera di soppeng sejak tahun 1968 hingga tahun 1971," Tuturnya

Pertama masuknya sutera di Bumi Latemmamala luas lahan pada saat itu di kelolah sekitar 5.500 Hekter dengan melibatkan lapisan masyarakat yang terdiri dari sekitar 9.900 kepala keluarga (KK). Jelasnya

Pada pemerintahan Akar-Super kejayaan Sutera di Soppeng akhirnya mulai kembali sejak hilang sekitar 80-an, bahkan Pemerintah telah bersusah payah memperjuangkan di tingkat pusat, akhirnya berhasil mendapatkan rekomendasi dari pemerintah pusat untuk  mendatangkan bibit dan telur Cina untuk dikembangkan kembali di Bumi Latemmamala.


Mansur
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.