Soppeng Siap Jadi Kader Pertanian Alami Kemenpora

Kemenpora siapkan program Kader pertanian alami di daerah, Soppeng Salah satunya

BUGISWARTA.COM, Soppeng --- Dalam rangka ikut berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Kementrian Pemuda dan Olahraga RI bekerjasama dengan Generasi Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) berencana akan menyiapkan program Kader Pemuda Pelopor Pertanian Organik (Pertanian Alami).

Program ini nantinya akan fokus dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pertanian yang unggul karena akan diberikan pelatihan dalam memproduksi Nutrisi pengganti pupuk, pola tanam dan pemeliharaan tanaman sampai panen, sekaligus mendorong kemampuan mengorganisasi tani menjadi komunitas yang mandiri, memiliki hasil produksi tani yang baik serta berdaya saing.  

Ketua Umum Gema Desantara, Jaelani Dari konfirmasinya ,jumat (20/10) mengatakan bahwa Program Kepeloporan Pemuda Bidang Pertanian Organik (Pertanian Alami) ini adalah salah satu jalan dalam mengatasi masalah pertanian kedepannya.
"Banyak tradisi pertanian telah ditinggalkan oleh para petani kita, sehingga tidak lagi mempertimbangkan aspek lingkungan termasuk aspek kearifan lokal. Sementara Sistem ini sendiri nantinya akan menggunakan bahan alami dalam membuat Nutrisi dan Mikroba sebagai pupuk tanaman sehingga baik untuk pertanian dan juga mendorong budaya gotong royong dalam pelaksanaannya" ungkapnya.
Kemenpora sendiri rencananya akan melaksanakan program ini di beberapa daerah terpilih seperti Propinsi Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Dan khusus untuk Sulawesi selatan , kabupaten Soppeng bersama dengan Pinrang, Bulukumba, Enrekang, dan Pangkep akan menjadi tempat pelaksanaan program tersebut.

Mansur/Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.