Momentum Kewaspadaan dan Daya Juang Masyarakat Inti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kodim 1415 Selayar -->
Cari Berita

Momentum Kewaspadaan dan Daya Juang Masyarakat Inti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kodim 1415 Selayar



Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017 digelar secara terbuka di lapangan upacara Markas Komando Distrik Militer 1415 Selayar

BUGISWARTA.com, Selayar -- Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017 digelar secara terbuka di lapangan upacara Markas Komando Distrik Militer 1415/ Kep. Selayar, Sulawesi-Selatan, pada hari Minggu, (01/10). Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, dipandu master of ceremony (MC), Hj. Sunniati dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Rangkaian upacara diawali oleh pembacaan naskah Undang-Undang Dasar 1945 yang dibawakan oleh Danramil 1415-02/Pasimasunggu, Kapt. Inf. Sujiyono Sumargo dan pembacaan Ikrar oleh Pasintel Dim 1415/Kep. Selayar, Lettu Kav. Abd. Rasyid.

Upacara peringatan hari kesaktian Pancasila diawali dengan penghormatan umum inspektur upacara dipimpin Danramil 1415-03/Pasimarannu, Kapt. Inf Lukman yang bertindak selaku Komandan Upacara.

Usai melakukan penghormatan umum, komandan upacara langsung menyampaikan laporan kepada Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Letkol ARM Yuwono, S.Sos., MM, selaku Inspektur Upacara, bahwa upacara siap dilaksanakan.

Sebelum memasuki lapangan upacara, Pasilog Dim 1415/Kep/ Selayar, Kapt. Inf Busrah. L yang bertindak selaku perwira upacara langsung mengambil alih dan menyiapkan pasukan. Dandim 1415 Kep/ Selayar, Letkol ARM Yuwono, S.Sos., MM yang hari itu, bertindak selaku inspektur upacara langsung memimpin hening cipta.

Detik-detik upacara peringatan hari kesaktian pancasila yang melibatkan kelompok perwira, pasukan bersenjata lengkap, dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1415/Kep. Selayar tersebut mengangkat tema sentral “Kerja bersama berlandaskan Pancasila mewujudkan masyarakat adil, dan makmur”.

Mengawali rangkaian amanahnya selaku inspektur upacara, Dandim 1415/ Kep. Selayar, Letkol ARM Yuwono, S.Sos., MM mempertegas, Peringatan hari kesaktian pancasila yang jatuh pada hari Minggu, (01/10) merupakan sebuah momentum sejarah yang patut untuk disyukuri, karena berkat kewaspadaan dan daya juang seluruh rakyat Indonesia, pengkhianatan G30/S-PKI yang berniat akan menghacurkan Pancasila, pada akhirnya, berhasil ditumpas dan digagalkan.

Peringatan 1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila memiliki ciri dan corak khusus sekaligus merupakan hari yang diharapkan mampu mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia, terang Yuwono mengakhiri amanahnya di hadapan peserta upacara.

FADLY SYARIF/MULIANA AMRI