G1000G Pemkab Soppeng, Sambut HUT Sul-Sel ke-348

BUGISWARTA.com, Soppeng -- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Soppeng berbenah dan bersiap menyambut hari ulang tahun (HUT) Sulawesi Selatan yang ke-348, terlihat langkahnya dalam pencananngan gerakan 1000 germas (G1000G) pada bidang kesehatan.

Wakil Bupati Soppeng Supriansa SH. MH, saat menghadiri kegiatan tersebut  menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan pola penyakit yang di sebut transisi Epidemiologi, dimana telah meningkatnya jumlah kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM).

“Pada saat ini beban penyakit tidak menular penduduk usia lebih dari 18 tahun (seluruh Indonesia) adalah stroke (1,2 Juta Jiwa), Hipertensi (42,1 Jiwa), Diabetes Mellitus (10 Juta Jiwa) dan 2/3 penderita tidak menyadari bahwa dirinya menyandang penyakit tidak menular” kata Supriansa saat menyampaikan sambutan di RS Ajjapangge jalan Samudera watan soppeng. Senin (2/10/17)

Lanjut mantan pengacara ini menekankan untuk tidak sering mengkomsumsi makanan siap saji atau yang Istan, tapi perbanyak komsumsi makan buah dan sayur dan hindari dari yang bisa membuat bahaya seperti  merokok, minum alkohol, menghisap lem, dan narkoba.

"Menyebarnya narkoba di negeri ini, mari kita awasi pergaulan anak kita karena maraknya obat-obatan yang bisa membahayakan bagi anak, seperti obat PCC yang marak di perjual belikan sekarang," tutur Supriansa

“Saya harap mari budayakan untuk saling  mengingatkan bagaimana pentingnya melakukan pola hidup sehat, Jaukan anak kita dari pergaulan dan perbuatan yang bisa membuat dirinya bahaya. Jangan harapkan adanya puskesmas dan Rumah Sakit untuk membuat selalu berobat, tapi mari jaga kesehatan kita khusunya dalam rumah tangga. “Jelasnya


Mansur/usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.