Tumbuhkan Minat Baca, Dispeka Bone Bangun Kedai Baca Sumange Tealara

Kedai Baca Sumange Tealara ramai pengunjung di siang hingga sore hari
BUGISWARTA.com, Bone -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispeka) dalam menumbuhkan minat baca di Kabupaten Bone membangun Kedai Baca dengan tagline "Sumange Tealara".

Dilansir dari website dispeka.bone.go.id tagline tersebut dipilih dengan alasan diantara sekian banyak petuah bugis Bone yang sering didengar seperti, Siatting Lima, Sitonra Ola, Tessibelleang, Tessipano, Tellabu Essoe Ritengnga Bittarae, Getteng, Lempu, Ada Tongeng, Taro Ada Taro Gau. Kesemuanya terangkum dalam Sumange Tealara (teguh dalam keyakinan, kukuh dalam kebersamaaan). Diharapkan agar kedai baca ini membawa spirit bagi para pengunjung.

Kedai Baca Sumange Tealara yang beralamatkan di Jl. Jenderal Ahmad Yani ini menyediakan berbagai jenis kategori buku, seperti sastra, agama, terapan, sosial, dan lain-lain.

Salah satu pengunjung yang ditemui (Senin 4 September 2017) Jumiati mengatakan bahwa dirinya serta teman-temannya jika mendapat tugas kuliah, ia sering berkunjung di kedai baca ini untuk mencari referensi buku.

"Saya dan teman-teman sering ke sini (kedai baca), untuk membaca suasananya nyaman dan buku-buku yang ada juga sangat mendukung," ungkapnya.

Senada dengan hal itu, pengunjung lainnya Ade Fikri Anas mengatakan bahwa ia juga sering mampir di kedai baca tersebut. 

"Kalau punya waktu senggang, saya biasa ke sini membaca buku atau browsing, karena ada juga fasilitas wifinya," kata Ade.

Sementara itu, Andi Besse salah satu petugas kedai baca saat ditanyai seputar pengunjung kedai baca, jam buka, dan buku yang tersedia, ia mengatakan, "Pengunjung kebanyakan dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Adapun kedai baca dibuka setiap hari dari jam 08.00-17.00 WITA dan dilanjutkan malam pada jam 20.00-23.00 WITA, kategori bukunya ada beberapa, bahkan kami juga menyediakan koran lokal bagi pembaca," jelasnya.

Lanjut Andi Besse, "Kedai baca sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai bagi pembaca, diharapkan pengunjung akan selalu ada," harapnya.

MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.