Universitas Sawerigading Makassar Kembali Cetak 170 Sarjana Baru


BUGISWARTA.com, Makassar -- Rapat senat terbuka luar biasa wisuda sarjana XIX Universitas Sawerigading dipimpin oleh Rektor Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar, Prof Dr Andi  Melantik Rompegading, SH, MH,  mewisuda alumni sebanyak  170  wisudawan dari 7 program studi,  di Hotel Sahid Makassar, Rabu 30 Agustus 2017.

Hadir Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih, MP  Ketua Yayasan Perguruan Sawerigading, Susanthy I Mutia Syahadat, S.Sos, M.Si, dan sejumlah tamu undangan.

Ketujuh program studi tersebut, yakni S1  teknik elektro 32 orang,  sosiologi (13) orang,  ilmu administrasi publik (21), bahasa dan sastra Inggris (2),  ilmu hukum (80),  pendidikan matematika (70) bahasa dan sastra Indonesia (14).

Rektor Andi Melantik Rompegading dalam laporannya, mengatakan,  Unsa yang dipimpinnya saat ini dari tahun ke tahun mengalami kemajuan. 

Wisuda yang dilaksanakan telah menunjukkan adanya peningkatan mutu ditunjukkan adanya sebagian besar wisudawan sudah ada bekerja baik sebagai pegawai negeri maupun swasta. Sebagian lagi sementara bersiap-siap untuk masuk kedalam dunia kerja.

Dikatakan,  Unsa Makassar dalam sejarah berdirinya dibawah naungan Yayasan  Perguruan Sawerigading (Persa) pada 1943  oleh keluarga alm Prof Dr H.C . Nuruddin Syahadat  dalam tahun akademik 2016/2017 telah membina  mahasiswa sebanyak 2.393 mahasiswa.

Dari tujuh prodi  dibina terbanyak mahasiswa adalah  ilmu hukum (903), menyusul  Administrasi Negara  (435), Teknik Elektro (271), Sosiologi  (265),  Pendidikan Bahasa Indonesia (244), Matematika (162), serta Bahasa Inggris (113).

Momentum wisuda sarjana juga menyampaikan sumber daya dosen yang dimiliki Unsa saat ini, yakni  dosen tetap berjumlah  94 orang, di antaranya dosen negeri dipekerjakan (DPK) 6 orang, dosen tetap yayasan 77 orang,  dan 11 orang dosen luar biasa.

Ada juga hal  membanggakan di Unsa disampaikan  Andi Melantik, bahwa pada tahun  2016/2017 tercatat 4  dosen Unsa Makassar yang berhasil meraih gelar doktor (S3) sehingga jumlah dosen  berkualifikasi doktor (S3) sebanyak 13 orang.

Sementara proses  menempuh pendidikan S3 masih ada 9 orang dosen tetap, tersebar di IPB, Universitas Tujuh Belas Agustus  Surabaya, Unhas, UNM, dan UMI Makassar. Retor berharap dalam tahun mendatang Unsa Makassar sudah memiliki banyak dosen bergelar doktor.

Unsa juga selama ini didukung oleh sejumlah tenaga administrasi  untuk memperlancar kegiatan pelayanan administrasi akademik dan kemahasiswaan.

NASRULLAH/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.