Tanete Harapan Jadi Desa/Kelurahan ke-30 Menyandang Status ODF di Bone


BUGISWARTA.com, Bone -- Desa Tanete Harapan Kecamatan Cina Kabupaten Bone menjadi desa/ kelurahan yang ke 32 disambangi oleh tim verifikasi ODF Stop buang air besar di sembarang tempat. Sabtu 12 Agustus 2017.

Dengan tagline "Desaku Istanaku" Kepala Desa Tanete Harapan, Andi Paelori berniat ingin menjadikan desa yang dipimpinnya bisa menjadi Garda terdepan dengan kerjasama semua masyarakat setempat.

Andi Paelori yang ditemui usai penerimaan tim verifikasi ODF menuturkan bahwa 54 Kepala Keluarga yang ada di daerahnya mendapatkan bantuan jamban keluarga menggunakan Dana Desa.

"Ada 54 Kepala Keluarga yang mendapatkan bantuan jamban keluarga sehingga bisa kami klaim 100% KK di desa kami sudah bebas buang air besar sembarangan," tuturnya.

Kasi Kesling, Kesjaor Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Bustang, AMKL., SKM., M.Kes yang ditemui di sela-sela verifikasi menuturkan bahwa hingga hari ini sudah ada 29 desa /kelurahan yang lolos verifikasi ODF dari 31 desa/kelurahan yang telah di verifikasi.

"Hingga hari ini sudah ada 29 yang lolos verifikasi ODF dari 31 yang telah diverifikasi," ungkapnya.

Memverifikasi desa ODF, tim mengunjungi 10% Kepala Keluarga dengan sistem acak, sehingga desa yang ingin berstatus ODF harus benar-benar 100% memiliki jamban sehat.

"Tim memverifikasi 10% Kepala Keluarga di satu desa dengan sistem acak, jadi desa yang siap di verifikasi harus benar-benar 100% KK memiliki jamban sehat," lanjut Bustang.

Setelah melakukan verifikasi pada 10% rumah yang dipilih secara acak, Desa Tanete Harapan berhak menjadi desa yang ke 30 di Kabupaten Bone dan menjadi desa yang ke tiga menyandang ODF.

ASRUL/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.