Soppeng Penyuplai Jagung, Ribuan Kilo Bibit Dikirim ke Gorontalo -->
Cari Berita

Soppeng Penyuplai Jagung, Ribuan Kilo Bibit Dikirim ke Gorontalo


BUGISWARTA.com, Soppeng -- Pemerintah Kabupaten Soppeng mengirim ribuan kilogram benih jagung ke Gorontalo. Pengiriman ini dilakukan guna mendukung program swasembada jagung nasional.

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengatakan, jagung merupakan program utama pemerintah pusat. “Pemerintah dan semua masyarakat terlibat langsung mensukseskan program ini. Pada tahun lalu kita mencapai 200% lebih, hal ini merupakan nilai tambah masyarakat,” jelas Kaswadi.

Mantan Ketua DPRD Soppeng menjelaskan, sektor pertanian di Soppeng menjadi unggulan, khususnya tanaman padi dan jagung hingga perikanan, peternakan serta perkebunan.

“Jagung kita harus proteksi, jangan didominasi satu perusahaan saja,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Soppeng, Fajar mengatakan, tahun 2017 pihaknya menanam jagung di atas lahan 50 hektar dengan produksi mencapai 150 ton.
Kata Fajar, mendukung pemenuhan kebutuhan bibit jagung hibrida secara nasional, pihaknya akan menyerap 24.148 kilogram. Jumlah itu sesuai bantuan dari Kementerian Pertanian.

“Yang dikirim ke Gorontalo sebanyak 17.000 kilogram varietas Bima 20. Tahun depan direncanakan penangkaran 500 hektar,” ujarnya.


USMAN/MULIA AMRI