Pemuda ENJ Sulsel Berangkat ke Kepulauan Selayar September Mendatang


BUGISWARTA.com, Selayar -- Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman kembali menggulirkan kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) tahun ini dengan mengutus 2000 pemuda ke seluruh wilayah pesisir kepulauan Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Selatan.

Jumlah pemuda yang akan mengikuti kegiatan ENJ Sulsel 2017 berdasarkan hasil seleksi peserta ENJ 2017 kelompok pemuda yang dibuka sejak 2 Mei hingga 11 Juni 2017, sebanyak 75 orang.

Dihubungi via WhatsApp, Koordinator tim ENJ Sul-Sel, Prabowo Setiawan mengatakan bahwa persiapan tim ENJ Sulsel untuk mengikuti pengabdian selama kurang lebih 14 hari telah mencapai 60 persen.

"Persiapan TIM ENJ Sul-Sel sampai saat ini sudah mencapai 60% yang di mana termuat mengenai administrasi peserta dan tersebarnya proposal untuk bantuan donasi pulau-pulau terluar yang akan kami kunjungi nantinya," ungkap Prabowo.

Lebih lanjut dikatakan Prabowo bahwa pemberangkatan para pemuda ENJ tim Sulsel dijadwalkan tanggal 25 September dengan sasaran pelaksanaan kegiatan di Pulau Kayuadi dan Pulau Jampea, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pada dasarnya ENJ merupakan kegiatan berskala besar yang menjadi salah satu upaya pihak Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk melakukan aksi nyata menuju Poros Maritim Dunia.

Melalui ENJ, diharapkan terbentuknya konektivitas antar masyarakat Indonesia sebangsa dan setanah air yang selama ini masih kurang dijangkau karena terkendala kondisi geografis. ENJ menjadi sebuah langkah implementasi untuk memahamkan rakyat Indonesia bahwa NKRI satu dan laut yang menjadi pemersatu sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. ENJ juga menjadi upaya untuk menghadirkan Negara di pulau-pulau kecil dan terluar dengan mengirimkan pemuda-pemudi terbaik nusantara agar terjun langsung di masyarakat yang membutuhkan. Bersama dengan Kementerian/Lembaga dan institusi lain yang didukung oleh pihak swasta, maka pemuda-pemudi tersebut dihadirkan di seluruh nusantara dengan menggunakan kapal untuk membantu mempercepat pembangunan kemaritiman Indonesia.

Prabowo Setiawan berharap agar dengan pelaksanaan ENJ kali ini dapat menjadi ajang pengembangan kemampuan para peserta dari kalangan pemuda dalam membangun sumber daya yang ada di wilayah pesisir.

"Dengan kegiatan ENJ ini, Saya berharap menjadi ajang aksi skill para pemuda pemudi untuk mengabdi di pulau-pulau terluar Sulsel. Selain dari itu, partisipan dari segala instansi dapat terjalin dengan baik dengan berbagai bantuan donasi," ungkapnya.


BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.