Koperindag Soppeng Terkesan Sembunyikan Data UMKM, Ada Apa?


BUGISWARTA.com, Soppeng -- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Soppeng melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskop Perindag) Soppeng terkesan menyembunyikan nama-nama Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dibina selama ini di Kabupaten Soppeng Hal ini tentu bertentangan dengan visi transparansi dan keterbukaan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng, Senin 14 Agustus 2017.

Dinas Koperindang yang membidangi bagian UMKM ditemui dikantornya untuk menanyakan terkait jumlah UKM yang dibina dengan berapa dana bantuan yang diberikan kepada peserta binaan UKM, hanya menjawab, "Kami tidak bisa mengeluarkan data tanpa sepengetahuan dari kepala bidang dan kepala dinas tersebut," ujar salah satu staf bidang UKM.
Pihaknya berkelik dan beralasan atas nama kepala dinas untuk tidak mengeluarkan informasi, hal ini justru menjadi pertanyaan publik apa yang membuat dinas tersebut tertutup dari transparasi dan keterbukaan informasi publik.
"Kami takut mengeluarkan data tanpa sepengetahuan atasan, takutnya terjadi apa-apa nantinya terus pertanyaan darimana data itu," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Andi Ilham saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya oleh jurnalis BUGISWARTA.com pihaknya juga mengatakan tidak mengetahui jumlah data UKM. 

"Mohon maaf saya juga tidak tahu, silahkan tanyakan kepala bidangnya," ungkap Ilham.

Dalam rangka turut serta mewujudkan Visi Bupati dan Wakil Bupati Soppeng yang bertekad untuk melayani dan menjadikan Kabupaten Soppeng menjadi lebih baik, maka Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Soppeng sebagai salah satu unsur perangkat daerah harusnya mengedepankan unsur transparansi data apalagi terkait dengan publik.


MANSUR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.