Khidmat dan Haru, Suasana Ziarah di Taman Makam Pahlawan Soppeng -->
Cari Berita

Khidmat dan Haru, Suasana Ziarah di Taman Makam Pahlawan Soppeng


BUGISWARTA.com, Soppeng -- Setelah dilaksanakannya upacara peringatan Proklamasi HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia, Bupati dan Wakil Bupati beserta para jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Soppeng bertolak menuju Taman Makam Pahlawan untuk melakukan ziarah nasional.


Kapolres Soppeng AKBP Indra Lutrianto Amstono, bertindak sebagai inspektur upacara pada ziarah nasional yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan, Jalan Salotungo, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. Kamis 17 Agustus 2017.

Upacara tersebut diawali dengan mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara di tugu makam pahlawan.


Suasana terlihat haru dan khidmat ketika para tamu termasuk para pejuang veteran diberikan waktu untuk melakukan tabur bunga di atas pusara para pejuang.

"Disini terbaring para teman seperjuangan saya. Dulunya kami tergabung dalam Gabungan Pemuda Indonesia Sulawesi (Gapis) pada masa penjajahan dulu," ungkap Tare (83) salah satu veteran.

Sesekali para veteran maupun keluarga veteran terlihat terisak menahan tangis saat menaburkan bunga di atas pusara teman seperjuangan yang dianggap sebagai keluarga mereka.

MANSUR/MULIANA AMRI