Kemenristekdikti Diskusikan Roadmap Nasional Industri Rumput Laut


BUGISWARTA.com, Makassar -- Masih dalam suasana peringatan Hakteknas 2017, digelar  round table policy meeting pada 8 Agustus 2017 di Hotel Aryaduta Makassar dengan pembicara kunci Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe.

Demikian ditegaskan Sekretaris Umum Panitia, Ophirtus Sumule, dalam siaran pers ke media, Selasa (8 Agustus 2017).

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan ajang pertemuan antara pengambil kebijakan, industri rumput laut dan pemerhati rumput laut, untuk merumuskan kebijakan rumput laut ke depan dalam rangka  peningkatan daya saing dan diversifikasi produk, tegas Opirtus.

Selama dalam pertemuan dalam mendiskusikan topik di antaranya; Roadmap Nasional Industri Rumput Laut; Sinergi Program dan Kebijakan untuk Pemanfaatan dan Pengembangan Rumput Laut dan Seaweed Teaching Industry & Laboratorium untuk inovasi

Selain itu akan ada juga Pameran Produk rumput laut (hulu-hilir), menampilkan berbagai jenis rumput laut di Indonesia, produk-produk olahan tradisional, produk-produk olahan rumput laut.

Produk itu  berupa agar, karaginan, alginate, produk-produk turunan rumput laut maupun produk-produk yang menggunakan rumput laut ataupun olahannya.

Juga akan Business Gathering yang merupakan ajang promosi dari industri untuk memperkenalkan produk-produknya  agar lebih dikenal oleh konsumen, dengan menampilkan keunggulannya. 

Tampil selaku pembicara kunci dari luar negeri yakni Dr. Ronan Pierre - CEVA –France
 Dan Lino Pavarano - PT. Java Biocolloid, Pasuruan

Sedangkan narasumber dalam negeri ; Kementerian Menko Maritim (Deputi II Bid.Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa)Kementerian KKP (Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan; Kementerian Ristek Dikti (Dirjen Penguatan Inovasi)Kementerian Perindustrian dan Pengusaha Rumput Laut Nasional.


Peserta dalam acara ini adalah para peneliti dan akademisi di bidang makro dan microalgae lembaga penelitian dan pengembangan (Litbang), dan Perguruan Tinggi.

Mahasiswa terkait dengan budidaya, produksi dan pasca produksi khususnya rumput laut dan pangan hasil kemaritiman.

Anggota Organisasi pebisnis rumput laut/algae (ARLI, ASPERLI, ASTRULI, ISS, RLC dan Konsorsium) serta pengusaha budidaya dan industri pengolahan rumput laut.


YAHYA MUSTAFA/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.