Dari 938 Koperasi di Kabupaten Bone, Hanya 480 yang Masih Aktif

Kepala Bidang Bina Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bone, Drs. A. Hasanuddin
BUGISWARTA.com, Bone -- Hadirnya Koperasi di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan banyak manfaat dimana sebagian masyarakat bisa mengajukan pinjaman dana selain di perbankan sebagai awal modal usaha, ataupun untuk menambah modal usaha yang dijalankan.

Berdasarkan dari data Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bone, terdapat 938 koperasi yang tersebar di seluruh wilayah Bone.

Kepala Bidang Bina Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bone, Drs. A. Hasanuddin yang ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa dari 938 koperasi yang ada di Kabupaten Bone hanya tersisa 480 koperasi yang masih sehat dan siap dibina, sisanya telah dibekukan.

"Sekarang ini sisa 480 koperasi di Bone yang masih sehat dari 938, sisanya telah dibekukan karena sudah tidak berjalan," Drs. A. Hasanuddin menerangkan.

Koperasi yang dibekukan dikarenakan administrasi kelembagaannya sudah tidak jalan dan sudah tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama tiga tahun berturut-turut.

A. Hasanuddin juga menuturkan bahwa koperasi yang masih dianggap sehat itu adalah koperasi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu setiap tahun.

"Koperasi yang dianggap sehat itu adalah koperasj yang melaksnakan RAT tepat waktu setiap tahun," lanjutnya.

Adapun hal hal yang dibicarakan rapat anggota tahunan, antara lain :

1.Penilaian kebijaksanaan pengurus selama tahun buku yang lampau.
2.Neraca tahunan dan perhitungan laba rugi.
3.Penilaian laporan pengawas. 
4.Menetapkan pembagian sisa hasil usaha.
5. Pemilihan pengurus dan pengawas.
6.Rencana kerja dan rencana anggaran belanja tahun selanjutnya.
7.Masalah-masalah yang timbul.

Apabila suatu koperasi memiliki suatu permasalahan hanya bisa di selesaikan melalui Rapat Anggota Tahunan.

ASRUL/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.