Capai Rekor MURI, LPPB La Makkawa Bone Akan Pamerkan 3000 Badik

Ketua LPPB La Makkawa  Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi
BUGISWARTA.com, Bone -- Lembaga Pemerhati Parewa Bessi (LPPB) La Makkawa Kabupaten Bone merancang pameran badik dan benda pusaka di Museum La Pawawoi Jalan MT Haryono, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang. Senin 14 Agustus 2017. Pameran kali ini digadang-gadang untuk memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan mementaskan 3000 badik.

Ketua LPPB La Makkawa, Andi Promal Pawi meyakini jumlah 3000 bilah badik pusaka tersebut masih sedikit dibanding pusaka yang dimiliki orang Bone, karena badik adalah salah satu jenis benda pusaka yang diwariskan dari generasi ke generasi disetiap keluarga yang ada di Bone, dan hingga kini hal tersebut masih terpelihara dengan baik.

"Sebenarnya rumah di Bone ditiap keluarga atau dirumahnya minimal ada satu bilah pusaka, termasuk kawali, belum lagi milik para kolektor benda pusaka di Bone yang memiliki puluhan hingga ratusan pusaka keluarga tersebut, cuma beberapa orang masih enggan memperlihatkan badik pusakanya, untuk itu kami mengajak untuk berpartisipasi sebagai bentuk pelestarian budaya dan memperkenalkan badik sebagai salah satu kekayaan budaya Bugis khsusunya di Bone," kata Promal.

Kepala Dinas Kebudayaan Bone ini menargetkan pameran ini akan memecahkan rekor MURI dengan jumlah badik terbanyak di Indonesia dan menggelar pementasan seni merupakan rangkaian peringatan hari jadi LPPB La Makkawa yang ke-4 tahun.

Sementara itu, ketua panitia pameran 3000 bilah badik, Idris A. Palloge mengatakan kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 1, 2, dan 3 Desember mendatang di kompleks Museum Lapawawoi di Kota Watampone.

"Kalau terkumpul minimal 3000 bilah badik kita akan pecahkan rekor MURI, untuk mencapai target itu kami minta partisipasi warga Bone yang memiliki badik untuk dipamerkan," pungkas Idris.


SYAHRUDDIN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.