Antisipasi Masalah TKI Ilegal dan Kesehatan, Disnakertrans Gelar Sosialisasi Perlindungan TKI dan BPJS


BUGISWARTA.com, Soppeng -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng dalam hal ini, Wakil Bupati Soppeng Supriansa SH, MH saat menghadiri sosialisasi Penempatan dan Perlindungan TKI yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi di Aula Gabungan Dinas (Gadis) Soppeng. Selasa 29 Agustus 2017.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kamaruddin mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman kepada para pemerintah baik lurah dan desa serta aparatnya tentang bagaimana upaya pemerintah melindungi TKI dengan memberikan pemahaman prosedur pemberangkatan CTKI ke luar negeri, memahami TKI ilegal, serta cara menangani TKI bermasalah. 

"Selaku pemerintah, lurah dan desa penting mencegah adanya TKI yang ilegal di daerahnya, dan bagaimana cara memberikan pemahaman pada masyarakat serta BPJS ketenaga kerja," ujar Kamaruddin.

Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng Supriansa menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 sesuai dengan data statistik jumlah pengangguran mencapai 3.069 orang mulai dari usia kerja sebanyak 168.044 orang, dengan itu selaku pemerintah daerah harus bekerja dengan keras dalam berbagai program untuk mengurangi tingkat pengangguran. 

"Mari kita sama-sana untuk mewujudkan program pemerintah dalam mancapai untuk mengurangi tingkat pengangguran," ajak Supriansa.

Lanjut Wakil Bupati Soppeng mengatakan, "kami juga menghimbau kepada seluruh kepala desa beserta aparatnya yang belum terdaftar sebagai BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan agar segera mendaftarkan dirinya sebelum terjadi hal-hal yg tidak diinginkan terutama masalah sosial yang tidak kita prediksi akan terjadi," kuncinya.

MANSUR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.