A. Seto : Kalau Diamanahkan Pimpin Sinjai, Saya Akan Dorong Industri Buah Naga


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Kabupaten Sinjai kini menjadi salah satu daerah penghasil buah naga di Sulawesi Selatan. Tanaman ini mulai dibudidayakan warga di Kecamatan Tellu Limpoe, khususnya di Desa Sukamaju sejak tahun 2013.

Bakal Calon Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, melihat potensi tanaman buah naga yang memiliki prospek cerah bagi masyarakat di daerah ini. Pasalnya, kondisi tanah di sejumlah kecamatan memang dinilai cocok untuk pengembangan tanaman ini.

Bahkan, menurut putra mantan Bupati Sinjai dua periode, Andi Rudiyanto Asapa ini, buah naga dapat lebih memberikan nilai tambah dengan mendorong industri pembuatan jus buah naga.

"Sekarang ini kan buah naga dari Sinjai langsung dijual oleh petani, ke depan komoditi ini juga bisa diolah dulu misalnya membuat jus kemudian dikemas lalu dipasarkan, agar nilai jualnya lebih tinggi," kata Andi Seto, saat menemui seorang petani buah naga di Desa Sukamaju, Akmal, pekan lalu.

Menurut Andi Seto, pemerintah harus melihat potensi buah naga ini sebagai komoditi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kalau saya diamanahkan untuk memimpin Sinjai, saya akan mendorong industri buah naga ini, misalnya dalam bentuk pelatihan dan bantuan bagi kelompok usaha pembuatan jus buah naga," ujarnya.

Budidaya tamanan buah naga memang kian digandrungi warga di Sinjai. Selain di Kecamatan Tellulimpoe, tanaman sebangsa kaktus ini juga mulai dikembangkan warga di sejumlah desa di Kecamatan Sinjai Timur, dengan memanfaatkan lahan kosong atau halaman rumah mereka.


BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.