6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan


Saat cuaca di luar sedang dingin, Anda pasti menggunakan pakaian yang tebal atau berlapis-lapis untuk menghindari kedinginan. Bahkan, jika AC kamar Anda dipasang pada suhu rendah, Anda akan menarik selimut tebal Anda untuk menutupi tubuh Anda. Ini merupakan beberapa cara Anda dalam menghangatkan tubuh. Namun, selain cara-cara ini, terdapat cara lain yang juga bisa membantu memberi kehangatan pada tubuh Anda saat Anda merasa kedinginan.

1. Hindari menggigil

Menggigil merupakan sebuah tanda bahwa Anda kedinginan dan Anda perlu secepatnya memberi kehangatan pada tubuh Anda. Saat suhu kulit Anda turun, Anda akan menggigil untuk menjaga suhu tubuh inti Anda tidak turun juga. Orang dengan hipotermia ringan akan menggigil, tetapi yang mempunyai hipotermia sedang mungkin tidak. Tubuh akan berhenti menggigil saat kontraksi otot tidak lagi dapat menghasilkan panas. Artinya, saat Anda berhenti menggigil, maka suhu tubuh inti Anda akan merosot turun.

2. Makan yang banyak

Makan lebih banyak saat Anda merasa kedinginan merupakan cara yang baik untuk mempertahankan kehangatan tubuh Anda. Hal ini penting untuk menjaga gula darah Anda sehingga tubuh dapat memberikan energi yang Anda butuhkan untuk tetap hangat. Makanlah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan, seperti makanan yang berlemak. Saat tubuh Anda mencerna makanan, tubuh akan membakar energi sehingga Anda akan merasa lebih hangat. Oleh karena itu, jika makanan yang Anda makan lebih lama dicerna tubuh, maka Anda juga akan merasa hangat lebih lama.

3. Minum banyak air

Selain asupan makanan, tubuh Anda juga akan menolerir dingin dengan baik jika asupan air ke tubuh terjaga. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat memberikan kehangatan yang lebih baik pula. Minumlah air panas yang juga dapat memberikan sensasi hangat untuk Anda, walaupun ini tidak benar-benar dapat menaikkan suhu internal tubuh Anda. Menurut seorang profesor dari University of Pennsylvania, Michael Cirigliano, MD, mulut merupakan salah satu bagian paling sensitif di tubuh Anda. Sehingga, jika air panas menyentuh mulut Anda, maka Anda akan merasakan sensasi hangat.

4. Sesuaikan tubuh Anda dengan cuaca dingin

Tubuh mempunyai kemampuan lebih dari yang Anda bayangkan. Tubuh mempunyai mekanisme khusus untuk menjaga dirinya tetap hangat. Orang yang sering menghabiskan waktu dalam cuaca dingin dapat membuat dirinya lebih tahan dengan dingin. Mekanisme dalam tubuh ini belum sepenuhnya dipahami. Namun, mungkin lemak tubuh yang disebut dengan lemak cokelat (brown fat) berperan dalam hal ini. Lemak cokelat dapat lebih banyak membakar energi dan melepaskannya sebagai panas tubuh untuk memberi kehangatan pada Anda.

5. Tetap jaga tubuh Anda tetap kering

Tubuh yang berkeringat atau baju yang basah dapat membuat Anda merasa lebih kedinginan. Oleh karena itu, jika cuaca sedang dingin, sebaiknya gunakan baju yang dapat menyerap keringat. Jika baju basah, sebaiknya ganti baju segera. Usahakan agar tubuh Anda tetap kering.

6. Jaga suhu tubuh inti Anda tetap hangat

Sebaiknya gunakan pakaian yang tertutup. Anda juga perlu memakai kaus kaki, sarung tangan, dan topi untuk mempertahankan suhu tubuh inti. Jika Anda sedang kedinginan, yang pertama kali Anda rasakan adalah dingin pada kaki dan tangan, sebelum rasa dingin menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini merupakan bentuk mekanisme tubuh dalam mempertahankan suhu tubuh inti. Pada saat kedinginan, aliran darah diprioritaskan ke bagian vital tubuh, sehingga bagian kaki dan tangan Anda akan merasa kedinginan lebih dulu. Menjaga tubuh Anda tetap tertutup adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kehangatan tubuh.

Sumber : Hellosehat.com
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.